Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Merger DAMRI-Perum PPD, Penumpang JR Connexion Tembus 464.978 Orang

Jumlah penumpang JR Connexion mencapai 464.978 orang usai merger DAMRI-Perum PPD.
Ilustrasi. /DAMRI
Ilustrasi. /DAMRI

Bisnis.com, JAKARTA – Layanan Jabodetabek Residence Connexion (JR Connexion) telah melayani lebih dari 400.000 penumpang tiga bulan setelah penggabungan usaha DAMRI dan Perusahaan Umum Pengangkutan Penumpang Djakarta (Perum PPD).

Plt. Corporate Secretary DAMRI Chrystian R. M. Pohan mencatat jumlah penumpang JR Connexion adalah sebanyak 464.978 orang pada periode Juni – Agustus 2023. 

Adapun, JR Connexion yang terintegrasi dengan pusat perbelanjaan, seperti Cibinong City Mall, Mega City Bekasi, hingga Summarecon Mall Serpong serta antarmoda seperti LRT City Bekasi mendukung kebutuhan mobilisasi secara mudah dan cepat.

Chrystian memaparkan, konektivitas point to point memberikan kemudahan masyarakat sehingga diharapkan masyarakat dapat memilih transportasi umum dibandingkan kendaraan pribadi. Mobilisasi dengan JR Connexion pun dapat menjadi solusi menghadapi tantangan untuk mengurangi kemacetan dan polusi di Jabodetabek.

Dia mengatakan, pencapaian ini tidak terlepas dari upaya pembenahan yang dilakukan DAMRI secara bertahap. Selama masa transisi pasca-penggabungan, DAMRI berupaya menjadi lebih kompetitif, bisa bersaing, menghasilkan profit, dan melayani pelanggan lebih baik.

Dia melanjutkan, manfaat penggabungan dapat langsung terlihat dalam kurun waktu tiga bulan sehingga berkontribusi pada peningkatan layanan dan market share. 

“Penggabungan Perum PPD ke dalam Perum DAMRI membawa implikasi positif pada peningkatan skala bisnis dan inovasi layanan. Kini DAMRI dapat memperkuat layanan masyarakat dari permukiman menuju pusat perkantoran, perdagangan, hingga industri wilayah Jakarta dengan pelayanan yang optimal,” kata Chrystian dalam keterangan resminya, Jumat (28/9/2023).

Selain itu, penggabungan pada perusahaan yang memiliki skala usaha yang serupa membuat DAMRI tumbuh sehat dan leluasa dalam berinovasi. 

Dia melanjutkan, fokus utama inovasi DAMRI pasca-penggabungan ditujukan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Hal ini karena orientasi dari perusahaan yang bergerak di jasa transportasi adalah pelayanan dan keselamatan yang unggul.

Untuk mendorong minat masyarakat menggunakan transportasi umum, DAMRI terus berupaya membangun asset berkualitas dengan layanan rute yang terjangkau dan terintegrasi. Adapun, DAMRI mengedepankan penerapan Excellent Service untuk mewujudkan pengalaman terbaik pelanggan.

“Dengan memperluas skala usaha, penggabungan ini membuka peluang kepada Perusahaan untuk memilih berbagai inovasi terbaik dalam bidang transportasi darat skala nasional bahkan regional,” tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper