Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasil Lawatan ke Afrika, Indonesia Bahas Bisnis Gas dan Impor Murah Pupuk

Pemerintah bakal melakukan pertemuan lanjutan dengan dua negara Afrika guna membuka peluang bisnis gas dan produksi pupuk murah.
Pengunjung menghadiri forum bisnis BRICS pada 22 Agustus 2023 di Johannesburg, Afrika Selatan./Bloomberg
Pengunjung menghadiri forum bisnis BRICS pada 22 Agustus 2023 di Johannesburg, Afrika Selatan./Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan akan ada pertemuan trilateral dengan negara di Afrika setelah kunjungan Indonesia beberapa hari lalu.

Luhut menyebutkan pertemuan dilakukan bersama Afrika Selatan, Mozambik, dan Indonesia yang membahas pasokan gas.

“Kemudian kita akan membuat trilateral meeting antara Mozambik, Afrika Selatan, dan Indonesia untuk gas,” kata Luhut melansir dari instagram pribadinya, Senin (4/9/2023).

Luhut menyampaikan, ketiga negara akan membahas kesepakatan kerja sama terkait pasokan dan produksi turunan gas alam. Salah satu komoditas yang diincar adalah pengolahan pupuk atau semacamnya.

Pengolahan ini, kata Luhut, nantinya dapat menjadi ladang bagi Indonesia untuk mengimpor pupuk dengan harga yang murah.

“Kita mau bikin turunannya, bikin pupuk, bikin apa segala macam, karena harganya murah US$2. Ya iya kan kita bisa impor pupuk lebih murah nanti ke Indonesia,” ucapnya.

Luhut optimistis kerja sama antara ketiga negara ini akan menghasilkan banyak keuntungan. “Jadi saya pikir banyak sekali keuntungan-keuntungan kerja sama itu sangat dinikmati oleh kedua belah pihak,” ujar Luhut.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah melakukan lawatan resmi ke sejumlah negara di kawasan Afrika dan mengakhiri kunjungannya di Konferensi Tingkat Tinggi Brasil, Rusia, India, Cina, dan Afrika Selatan atau KTT BRICS 2023 beberapa waktu lalu.

Jokowi dan rombongan telah berkunjung ke Republik Kenya. Presiden Jokowi telah bertemu  dengan Presiden Republik Kenya William Ruto untuk memperkuat hubungan bilateral antar kedua negara.

Dari Republik Kenya, Presiden akan melanjutkan kunjungannya ke Republik Persatuan Tanzania untuk bertemu dengan Presiden Republik Persatuan Tanzania Samia Suluhu Hassan serta melaksanakan pertemuan bisnis bersama dengan sejumlah pemimpin perusahaan di Tanzania.

Selanjutnya, Presiden Jokowi mengunjungi Republik Mozambik. Di sana, Presiden menggelar pertemuan bilateral bersama Presiden Republik Mozambik Filipe Nyusi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lukman Nur Hakim
Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper