Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bandara VVIP di IKN Mulai Dibangun Akhir Agustus 2023

Kehadiran bandara VVIP IKN disebut dapat meningkatkan kemudahan akses konektivitas, terlebih posisinya dekat dengan Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP)
Titik Nol IKN - Humas Setkab/Oji.
Titik Nol IKN - Humas Setkab/Oji.

Bisnis.com, JAKARTA - Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) menyebut, rencana pembangunan Bandara VVIP di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara akan direalisasikan pada akhir Agustus 2023. 

Deputi Bidang Sosial dan Kebudayaan Otorita IKN Alimuddin mengatakan, kehadiran bandara VVIP IKN dapat meningkatkan kemudahan akses konektivitas, terlebih posisinya dekat dengan Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP). 

"Akan masuk dalam waktu dekat, mungkin akhir Agustus 2023 itu akan dibangun Bandara VVIP IKN sehingga jarak tempuh ke KIPP itu sekitar 10 menit. Hari ini lahannya sedang land clearing," kata Alimuddin dalam agenda The Weekly Brief, dikutip Selasa (1/8/2023). 

Pemerintah kini juga tengah melengkapi berbagai akses dan akomodasi pariwisata di IKN. Saat ini, untuk dapat ke IKN dapat diakses melalui Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Balikpapan dengan jarak tempuh 1 jam 30 menit. 

Pembangunan akses jalan tol IKN saat ini pun tengah digencarkan, salah satunya Segmen 3B KKT Kariangau-Sp. Tempadung yang akan rampung pada Juni 2024. Adapun, progres fisiknya per awal Juli 2023 mencapai 24,55 persen. 

Sementara itu, akomodasi penginapan saat ini di IKN memang belum tersedia selain glamping dan hotel di Balikpapan. Namun, pihaknya memastikan akan ada hotel berbintang 4 dan hotel lainnya yang akan dibangun di IKN.

Sebelumnya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Bina Marga masih dalam proses menyiapkan lahan pembangunan bandara VVIP di IKN.

Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis Hidayat Sumadilaga mengatakan, hingga saat ini pihaknya baru memasuki tahapan clearing dan grubbing mencakup pembersihan tumbuhan dan pembongkaran tanah.  

"Sementara areanya sedang disiapkan, PUPR melalui temen-temen Ditjen Bina Marga, baru tahapan clearing and grubbing gitu ya, pembersihan dan sebagainya," kata Danis, dikutip Selasa (16/5/2023). 

Terkait dengan lokasi bandara VVIP IKN, Danis menerangkan bahwa lokasinya akan berdekatan dengan Jembatan Pulau Balang yang terbentang sepanjang 804 meter. 

Jembatan Pulau Balang merupakan penghubung antara Kota Balikpapan dengan Kabupaten Penajam Paser Utara, sekaligus jalur utama angkutan logistik juga sebagai salah satu akses menuju IKN Nusantara. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper