Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SKK Migas Nego Kontrak Jual Beli Gas Lapangan Mako ke Singapura

SKK Migas tengah mematangkan negosiasi kontrak jual beli gas Lapangan Mako, Blok Duyung dengan pembeli asal Singapura.
Blok migas/Ilustrasi
Blok migas/Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA — Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) tengah mematangkan negosiasi kontrak jual beli gas atau gas sales agreement (GSA) Lapangan Mako, Blok Duyung dengan pembeli potensial Singapura.

Penyelesaian GSA dari Lapangan Mako itu menjadi krusial untuk Conrad Asia Energy Ltd (ASX:CRD) terkait dengan kelanjutan divestasi atau farm-down sebagian hak partisipasi mereka di Blok Duyung yang berada di lepas pantai Cekungan Natuna Barat, Kepulauan Riau.

“Terkait dengan GSA saat ini sedang proses, baik itu alokasi, harga dan lamanya pasokan [gas],” kata Deputi Keuangan dan Komersialisasi SKK Migas Kurnia Chairi kepada Bisnis.com, Senin (31/7/2023). 

Conrad melalui anak usahanya, West Natuna Exploration Limited, memegang 76,5 persen hak partisipasi di blok migas lepas pantai Duyung PSC bersama dengan Coro Energy Duyung (Singapura) Pte. Ltd (bagian dari Coro Energy Ltd yang terdaftar di London AIM, dengan 15 persen hak partisipasi) dan Empyrean Energy PLC (8,5 persen hak partisipasi) sebuah perusahaan yang didirikan di Inggris.

Pelepasan sebagian hak partisipasi Blok Duyung dilakukan Conrad menyusul revisi rencana pengembangan atau plan of development (PoD) lapangan yang disetujui Menteri ESDM Arifin Tasfrif pada November 2022.

Lewat revisi PoD itu, contingent resources gas dari lapangan gas Mako naik 458 persen ke level 297 miliar kaki kubik pasca-suksesnya pengeboran apraisal tahun lalu. Selain itu, otoritas hulu migas juga mengizinkan Conrad untuk melakukan ekspor gas ke Singapura 100 persen lantaran belum tersedianya infrastruktur transmisi pada pasar domestik.

“Tentu [GSA] akan diselesaikan dengan mengacu pada keekonomian proyek, PoD, kebijakan pemanfaatan domestik dan potensi pasar,” kata Kurnia.

Dia menegaskan lembaganya saat ini tengah berfokus untuk memastikan proyek pengembangan lapangan Mako dapat berjalan sesuai dengan rencana yang disampaikan Condrad.

Seperti diberitakan sebelumnya, Managing Director dan CEO Conrad Miltos Xynogalas mengatakan, perusahaan masih berfokus untuk menyelesaikan sejumlah ketentuan pada negosiasi GSA gas lapangan itu kepada pembeli Singapura saat ini.

“Kita telah memperpanjang lini waktu sebelumnya karena proyek yang terbilang besar tapi kita tetap percaya bahwa negosiasi ini dapat segera diselesaikan dalam waktu dekat,” kata Miltos melalui keterbukaan informasi, Senin (31/7/2023).

Miltos mengatakan, target penyelesaian divestasi sebagian hak partisipasi Conrad belakangan turut mengalami kemunduran seiring dengan negosiasi GSA Lapangan Mako yang belum selesai pada triwulan kedua tahun ini.

 “Perpanjangan waktu [negosiasi GSA] berpengaruh langsung pada proses divestasi yang sekarang kita targetkan dapat berlanjut pada kuartal ini,” kata dia.

Dia berharap penyelesaian kontrak jual beli gas itu dapat selesai dalam waktu dekat untuk mempercepat proses divestasi sebagian hak partisipasi di Blok Duyung. Dengan demikian, dia menargetkan Blok Duyung dapat mengalirkan gas pertama sesuai dengan target yang disampaikan ke SKK Migas pada 2025. 

Adapun, pasar Singapura telah terhubung dengan pipa West Natuna Transportation System. Pemerintah memberi izin kepada Conrad untuk mengekspor gas sampai dengan 100 persen pada pasar Singapura lewat pipa tersebut.

Hanya saja, Conrad mesti mengalokasikan ekspor hingga 25 persen dari produksi gas ke pasar domestik setelah infrastruktur transmisi dalam negeri terbangun nantinya.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper