Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Jurus Kementerian BUMN Tingkatkan Konsumsi Produk Lokal

Kementerian BUMN berupaya meningkatkan minat belanja masyarakat terhadap produk lokal dari Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).
Ilustrasi UMKM/surakarta.go.id
Ilustrasi UMKM/surakarta.go.id

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menilai peningkatan berbelanja masyarakat terhadap produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) bisa menjadi salah satu cara yang cukup signifikan meningkatkan konsumsi produk dalam negeri. 

Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN Loto Srinaita Ginting menuturkan saat ini pemerintah telah meluncurkan program Gerakan Bangga Buatan Indonesia (BBI) yang diharapkan berkontribusi dalam meningkatkan konsumsi produk dalam negeri. Dia meyakini dengan berbelanja produk UMKM maka secara tidak langsung sudah berkontribusi mendukung perekonomian Indonesia.

"Jadi kalau kita semuanya bersama-sama mengkonsumsi produk-produk lokal khususnya produk UMKM, maka sebenarnya secara tidak langsung kita sudah ikut berkontribusi mendukung pertumbuhan perekonomian negara," ujarnya, Kamis (27/7/2023). 

Lota menyampaikan hingga kini perekonomian Indonesia ditopang oleh UMKM. Kontribusi UMKM terhadap produk domestik bruto (PBD) Indonesia hampir 61 persen dan menyerap sebanyak 97 persen tenaga kerja. 

Lebih lanjut, 65 juta UMKM yang ada di Indonesia, 80 persen merupakan para perempuan yang menggerakkan perekonomian keluarga.

Kementerian BUMN, sebutnya, juga tengah mendorong peningkatan penjualan produk UMKM lewat Bazar. Upaya ini dinilainya dapat mendorong pertumbuhan ekonomi, sekaligus memberikan kesempatan para pelaku UMKM untuk menjual ragam produk yang inovatif dan khas dari tiga kategori produk yaitu kuliner, fesyen, kriya, dan produk kecantikan.

Loto meyakini dengan rutin menggelar bazaar yang menjadi event bulanan selama 2023  dapat menjadi sarana akses pasar yang lebih luas bagi UMKM dari berbagai daerah dalam memasarkan produknya secara offline di Sarinah Jakarta maupun online melalui platform e-commerce Pasar Digital Indonesia. Dengan demikian diharapkan tercipta transaksi belanja untuk mendorong pemulihan ekonomi nasional.

Sementara itu, Sekretaris Perusahaan PT Aneka Tambang Tbk. (ANTM) juga menilai kegiatan Bazar UMKM bisa menjadi ajang untuk memperkenalkan dan memperluas produk-produk mitra binaan dari berbagai unit bisnis yang tersebar di seluruh Indonesia.

Tak hanya itu, ANTM juga bisa sekaligus mengedukasi pengunjung dalam melakukan investasi produk logam mulia perseroan karena pengunjung dapat membeli langsung produk emas lewat bazar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper