Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Begini Strategi KCIC Genjot Pembangunan Stasiun Padalarang Biar Cepat Selesai

PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) terus menggenjot pembangunan stasiun-stasiun pada jalur Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB).
Kereta Api Cepat Jakarta Bandung (KCJB). ANTARA/HO-PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC).
Kereta Api Cepat Jakarta Bandung (KCJB). ANTARA/HO-PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC).

Bisnis.com, JAKARTA - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) terus menggenjot pembangunan stasiun-stasiun pada jalur Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB). 

Manager Corporate Communications KCIC Emir Monti menjelaskan, progres pembangunan Stasiun Padalarang telah mencapai 64 persen hingga awal Juli 2023. Saat ini pembangunan stasiun tersebut masih terus dilakukan baik untuk konstruksi atap, lantai, dan struktur lainnya.

Sementara itu, progres pembangunan ketiga stasiun lain, yaitu Stasiun Karawang, Stasiun Halim, dan Stasiun Tegalluar secara keseluruhan sudah berada di atas 95 persen. Saat ini, pembangunan di ketiga stasiun tersebut sudah masuk dalam fase finishing. 

"Artinya untuk berbagai fasilitas operasi di stasiun-stasiun tersebut sudah selesai," jelas Emir saat dihubungi pada Selasa (11/7/2023).

Emir menjelaskan, progres pembangunan Stasiun Padalarang yang cenderung tertinggal dibandingkan stasiun kereta cepat lain disebabkan karena stasiun tersebut dibangun paling terakhir. Hal ini terjadi setelah adanya perubahan lokasi stasiun dari sebelumnya di Walini ke Padalarang. 

Terkait pembangunan Stasiun Padalarang, Emir mengatakan KCIC akan mengikuti arahan dari pemerintah dengan melakukan pengaturan seoptimal mungkin. Hal tersebut mengingat posisi Stasiun Padalarang sebagai stasiun transit untuk penumpang KCJB beralih ke KA feeder dan sebaliknya. 

"Hal ini agar pelayanan kepada penumpang nantinya akan berjalan dengan maksimal saat Stasiun Padalarang mulai melayani Kereta Cepat Jakarta Bandung," tambahnya. 

Sebelumnya, Staf Khusus III Menteri Badan Usaha Milik (BUMN) Arya Sinulingga menyebut pembangunan Stasiun Padalarang dapat rampung sebelum target operasi Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) pada 18 Agustus 2023.

Arya memaparkan, pembangunan seluruh sarana dan prasarana pendukung KCJB terus digarap 2 bulan jelang mulai dioperasikannya kereta cepat. Hal tersebut mencakup pembangunan Stasiun Padalarang yang nantinya akan menjadi titik perpindahan penumpang dari kereta cepat ke KA Feeder.

Menurutnya, progres pembangunan Stasiun Padalarang yang baru mencapai kisaran 63 persen hingga Juni 2023 tidak akan memicu kemunduran operasional KCJB pada 18 Agustus 2023 mendatang.

“Kita yakin bisa selesai (Stasiun Padalarang), bisa dikebut. Teman-teman dari Wika dan Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) pasti akan mengiakselerasi,” jelas Arya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper