Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kejar Soft Operation Agustus 2023, Progres Proyek Kereta Cepat Capai 92 Persen

KCIC melaporkan bahwa progres proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) sudah mencapai 92 persen.
angkaian Electric Multiple Unit (EMU) atau kereta untuk proyek Kereta Cepat Jakarta – Bandung (KCJB) mulai dikirim dari China ke Indonesia pada Jumat (5/8/2022) - Dok. KCIC
angkaian Electric Multiple Unit (EMU) atau kereta untuk proyek Kereta Cepat Jakarta – Bandung (KCJB) mulai dikirim dari China ke Indonesia pada Jumat (5/8/2022) - Dok. KCIC

Bisnis.com, JAKARTA – PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) melaporkan progres teranyar Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) ditargetkan bisa diuji coba oleh masyarakat pada pertengahan Agustus 2023.

Corporate Secretary PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Eva Chairunissa menjelaskan, hingga kini progres realisasi proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung atau yang dikenal dengan KCJB sudah mencapai 92 persen. KCIC bersama seluruh stakeholder akan terus mempercepat pembangunan prasarana stasiun dan sejumlah fasilitas penunjang layanan.

Di sisi lain, Eva menyebut, untuk sarana KA Cepat hingga kini secara total telah tiba seluruhnya di indonesia, yakni sebanyak 11 rangkaian KA penumpang atau EMU dan 1 KA inspeksi atau CIT. Khusus untuk pembangunan prasarana pendukung operasional seperti jalur rel, listrik aliran atas, persinyalan juga telah selesai dikerjakan.

Eva menjelaskan, uji coba sarana dan prasarana telah dilakukan dengan menjalankan KA inspeksi/comprehensive inspection train (CIT), serta rangkaian kereta penumpang dengan menggunakan kecepatan operasional maksimal 350 km/jam. Uji coba berjalan dengan lancar dan hasil pemeriksaan prasarana saat ini dalam kondisi yang baik.

“Sejumlah faktor yang menjadi fokus saat pengujian di antaranya jalur rel, sistem kelistrikan dan listrik aliran atas, sistem persinyalan serta keandalan sarana. Nantinya, KA Cepat relasi Jakarta-Bandung ini akan beroperasi dengan kecepatan operasional maksimal 350 km/jam,” ujarnya kepada Bisnis, Senin (10/7/2023).

Secara keseluruhan, uji coba berjalan dengan lancar dari sisi sarana dan prasarana. Secara berkala proses pengujian di berbagai aspek, seperti pengujian sistem persinyalan yang terintegrasi dengan kereta dan uji coba operasi dengan menggunakan grafik perjalanan kereta api cepat atau simulasi operasi akan terus dilakukan.

Adapun, catatan yang menjadi perhatian pada saat masa uji coba justru berasal dari kondisi eksternal seperti layang-layang yang menyangkut di jaringan listrik aliran atas yang dapat membahayakan perjalanan KA Cepat.

Guna mengantisipasi hal tersebut, KCIC telah bekerjasama dengan TNI dan Polri untuk menertibkan masyarakat khususnya anak-anak yang masih bermain layangan di sekitar trase KA Cepat. KCIC juga telah melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah di sekitar jalur terkait bahaya yang dapat ditimbulkan jika beraktivitas di sekitar jalur KA Cepat.

KCIC menargetkan masyarakat dapat mulai mencoba menggunakan KCJB pada pertengahan Agustus 2023. Adapun, untuk tata cara dan skema bagi masyarakat yang ingin mencoba saat ini masih dalam pembahasan dan selanjutnya akan diinformasikan secara resmi di seluruh media informasi resmi KCIC.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper