Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kemenhub: Rute KA Bandara Solo akan Diperpanjang Hingga Yogyakarta

Kemenhub tengah mengkaji perpanjangan operasi Kereta Bandara Internasional Adi Soemarmo (BIAS) Solo hingga ke Yogyakarta.
Kereta Api Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) - Dok. Railink
Kereta Api Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) - Dok. Railink

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyebutkan tengah mengkaji perpanjangan operasi Kereta Bandara Internasional Adi Soemarmo (BIAS) Solo hingga ke wilayah Yogyakarta.

Hal tersebut sekaligus merespons usulan dari Mantan Direktur Utama PT KAI dan Menteri Perhubungan periode 2014-2016 Ignasius Jonan terkait perpanjangan layanan KA Bandara Adi Soemarmo. 

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub, Risal Wasal, mengatakan, KA Bandara Solo rencananya akan diperpanjang hingga ke wilayah barat, yakni di Purworejo dan Yogyakarta. Adapun, untuk tahap awal, Kemenhub akan memperpanjang operasi kereta tersebut ke Purworejo terlebih dahulu.

“Saat ini kami akan aktivasi ke kota Purworejo dan sedang berproses. Kemudian, nanti kemungkinan sampai Yogyakarta,” kata Risal, dikutip Kamis (6/7/2023).

Risal melanjutkan, rencana pemerintah untuk memperpanjang operasi sebuah moda transportasi telah mempertimbangkan seluruh aspek, termasuk pergerakan masyarakat di wilayah tertentu. Dia mengatakan, pemerintah tidak akan memilih pembangunan layanan transportasi di tengah aktivitas masyarakat yang sepi.

Dia menjelaskan,pembangunan layanan serta sarana-prasarana transportasi di sebuah wilayah bertujuan untuk meningkatkan mobilitas masyarakat di kawasan tersebut. Hal ini diharapkan akan berdampak pada peningkatan ekonomi di daerah setempat.

Adapun, Jonan dalam unggahan di akun Instagram pribadinya @ignasius.jonan yang diakses pada Kamis (6/7/2023) menyarankan agar layanan KA Bandara Solo diperpanjang ke Madiun dan Jombang untuk arah timur serta ke Stasiun Maguwo atau Lempuyangan untuk arah barat.

Hal tersebut dilakukan agar Bandara Adi Soemarmo dapat membagi kapasitas angkut bersama Bandara Adi Sucipto dan Bandara Juanda Surabaya.

"Sekadar saran, sekirannya layanan (KA Bandara Adi Soemarmo) diperpanjang ke arah Timur sampai Kota Madiun dan Jombang dan ke arah Barat sampai ke Stasiun Maguwo dan Lempuyangan," demikian kutipan keterangan foto atau caption unggahan tersebut. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper