Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Railink Ubah Jadwal KA Bandara YIA dan Kualanamu per 1 Juni

PT Railink menyesuaikan jadwal KA Bandara YIA dan Kualanamu sesuai Gapeka 2023 mulai 1 Juni 2023. 
Kereta Api Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) - Dok. Railink
Kereta Api Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) - Dok. Railink

Bisnis.com, JAKARTA – Operator KA Bandara Kualanamu dan Yogyakarta International Airport (YIA), PT Railink akan melakukan penyesuaian jadwal kereta seiring dengan pemberlakuan Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2023 mulai 1 Juni mendatang. 

Direktur Utama PT Railink Porwanto Handry menjelaskan Gapeka adalah pedoman pengaturan pelaksanaan perjalanan kereta api berupa garis-garis yang menunjukkan stasiun, waktu, jarak, dan posisi perjalanan KA. Grafik ini menunjukkan sejumlah aspek mulai dari keberangkatan, berhenti, kedatangan, bersilang, dan penyusulan, yang digambarkan melalui grafik untuk mengendalikan perjalanan KA.

Porwanto menuturkan, Gapeka 2023 yang menggantikan Gapeka 2021 akan membawa sejumlah perubahan jadwal perjalanan kereta api. Dia mengatakan, pemberlakuan Gapeka 2023 membuat jadwal keberangkatan KA umumnya akan maju atau berubah menjadi lebih awal dari jadwal sebelumnya.

Secara rinci, dia menjelaskan, untuk KA Bandara YIA, keberangkatan KA perdana dari Stasiun Yogyakarta yang sebelumnya pukul 04.30 WIB akan maju 10 menit menjadi pukul 04.20 WIB. Sedangkan, keberangkatan KA Bandara terakhir dari Stasiun Yogyakarta yang sebelumnya pada pukul 20.40 WIB akan maju lima menit menjadi pukul 20.35 WIB. 

Sementara itu, keberangkatan KA perdana dari Stasiun YIA akan maju 12 menit dari sebelumnya pukul 05.20 WIB menjadi pukul 05.08 WIB, sedangkan keberangkatan KA terakhir dari Stasiun YIA yang sebelumnya dijadwalkan pada pukul 21.45 WIB akan maju 20 menit menjadi pukul 21.25 WIB. 

“Perjalanan KA Bandara YIA sendiri tetap berjumlah 42 perjalanan dalam sehari, termasuk 12 perjalanan KA Bandara YIA Xpress yang tidak berhenti di Stasiun Wates,” jelas Porwanto dalam keterangan resminya, Senin (22/5/2023).

Sementara itu, untuk KA Bandara Kualanamu, keberangkatan KA pertama dari Stasiun Bandara Kualanamu akan maju 30 menit dari sebelumnya pukul 07.20 WIB menjadi pukul 06.50 WIB. Selanjutnya, untuk keberangkatan KA terakhir dari Stasiun Bandara Kualanamu mundur dari sebelumnya pukul 20.30 WIB menjadi pukul 21.10 WIB. 

Dia melanjutkan, keberangkatan KA Bandara pertama dari Stasiun Medan tidak mengalami perubahan, atau tetap pada pukul 05.00 WIB, sementara untuk keberangkatan terakhir dijadwalkan maju 15 menit dari sebelumnya pukul 19.20 WIB menjadi pukul 19.05 WIB. Jumlah perjalanan pun tetap sebanyak 24 perjalanan dalam sehari.

Porwanto menambahkan, selain mempertimbangkan perjalanan KA lainnya, perubahan jadwal KA Bandara yang dipandu Gapeka 2023 tetap didasari atas kesesuaian dengan jadwal kedatangan dan keberangkatan pesawat di bandar udara.

“Mendekati berlakunya Gapeka 2023 mulai 1 Juni 2023 serta perubahan jadwal KA Bandara, kami mengimbau calon penumpang KA Bandara untuk memperhatikan jadwal terbaru dan menyesuaikan rencana perjalanannya,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper