Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Siap-Siap! Calo Tiket Konser Musik Bakal Kena Sanksi Hukum

Kemenparekraf menggandeng aparat penegak hukum untuk menindak tegas dan mencegah praktik calo tiket konser musik.
Ilustrasi konser
Ilustrasi konser

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menggandeng aparat penegak hukum untuk menindak tegas dan mencegah praktik pencaloan tiket konser yang belakangan marak terjadi.

Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events) Kemenparekraf/Baparekraf, Vinsensius Jemadu mengatakan penindakan praktik calo tiket konser bertujuan memberikan kepercayaan kepada musisi internasional yang akan manggung di Indonesia.

"Terkait law enforcement, Kemenparekraf bekerja sama dengan aparat penegak hukum untuk menindak tegas calo tiket dan memberikan sanksi yang sesuai," ujar Vinsensius dalam keterangan pers, dikutip Kamis (29/6/2023).

Memerangi praktik percaloan tiket, kata dia juga sebagai upaya menjamin keamanan pelaksanaan konser musik. Dia menyebut pihaknya bersama dengan promotor konser musisi internasional bakal memberikan keterangan yang akurat terkait praktik calo tiket konser kepada aparat penegak hukum dalam hal ini pihak Polri.

"Diharapkan praktik-praktik pencaloan dapat dicegah dan ditindak tegas sejak awal," ucapnya.

Adapun demi menjaga akutanbilitas dan transparansi pelaksanaan kegiatan konser, Kemenparekraf juga mendorong promotor agar memberikan informasi yang jelas ihwal harga tiket kepada publik.

Selain itu, Vinsensius juga meminta masyarakat agar bijak dalam bermedia sosial (medsos). Terutama terkait informasi pelaksanaan konser musisi dunia yang tersebar di medsos.

"Jadi informasi yang diperoleh tersebut baiknya yang diperoleh tersebut baiknya disaring dulu sebelum disebarkan agar kita bisa mencegah penipuan oleh calo tiket," tuturnya.

Sebelumnya, publik dibuat gerah dengan maraknya penjualan tiket konser grup band kelas dunia yakni Coldplay. Pasalnya, banyak tiket konser Coldplay dijual dengan harga yang mahal alias jauh di atas harga yang ditawarkan pihak Promotor oleh para calo yang mendadak bermunculan saat perang mendapatkan tiket (ticket war).

Berdasarkan catatan Bisnis.com, Rabu (24/5/2023), salah satu nama yang ramai dalam penjualan tiket konser Coldplay yakni Lycie Joanna Jon Sen. Putri Indonesia Intelegensia tahun 2019 itu menjadi viral setelah mengaku menjual tiket Coldplay hingga ratusan lembar.

Bahkan, harga yang ditawarkan dia bisa naik hingga dua kali lipat dari harga normal yang diberikan promotor. Lycie Joanna pun mengaku mendapatkan tiket konser Coldplay tersebut dari orang dalam yang dianggap sebagai keluarga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dwi Rachmawati
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper