Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

AP I: 3 Bandara Beroperasi 24 Jam Nonstop Jelang Iduladha

PT Angkasa Pura I atau AP I akan mengoperasikan 3 bandara selama 24 jam nonstop selama periode libur Iduladha.
Bandara Sultan Hasanuddin Makassar. /Kementerian BUMN
Bandara Sultan Hasanuddin Makassar. /Kementerian BUMN

Bisnis.com, JAKARTA – PT Angkasa Pura I atau AP I akan mengoperasikan 24 jam sehari tiga bandara selama periode libur panjang Hari Raya Idul Adha 2023/1444 Hijriah yang terhitung pada 28 Juni hingga 2 Juli 2023.

Pejabat Pengganti Sementara (Pgs.) Direktur Utama PT Angkasa Pura I Lukman F. Laisa menyebutkan hal ini dilakukan sebagai salah satu antisipasi menghadapi lonjakan penumpang, di samping memastikan kesiapan infrastruktur utama dan pendukung di bandara, memastikan kesiapan personel.

“Selama periode ini, tiga bandara Angkasa Pura I yakni Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Bandara Sam Ratulangi Manado, dan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar akan beroperasi selama 24 jam dalam satu hari,” tutur Lukman dalam keterangannya, Rabu (28/6/2023).

Sementara, menurut Lukman, AP I memproyeksikan, ada tiga bandara yang akan menjadi bandara dengan trafik yang sibuk selama periode ini, yaitu Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Bandara Juanda Surabaya, dan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar.

“Bandara I Gusti Ngurah Rai yang secara tradisional merupakan bandara tujuan wisatawan lokal dan internasional, kami prediksikan akan menjadi bandara yang melayani pergerakan penumpang tertinggi di antara bandara-bandara Angkasa Pura I," lanjut Lukman.

Selain mengoperasikan tiga bandara selama 24 jam, Lukman juga menyebutkan, AP I pada periode libur Iduladha ini juga akan melakukan penyesuaian jam operasi jika diperlukan, atau dengan menyesuaikan permintaan dari maskapai penerbangan di bandara-bandara lain.

“Kebijakan penyesuaian jam operasional bandara ini ditujukan untuk mengantisipasi tingginya potensi lonjakan trafik pergerakan pesawat dan penumpang selama periode libur panjang,” tutup Lukman.

Dalam catatan Bisnis.com, Rabu (27/6/2023), AP I memperkirakan akan melayani sekitar 1.048.781 penumpang pada periode libur panjang Iduladha 2023, yakni 28 Juni-2 Juli 2023.

Lukman memaparkan, dari perkiraan tersebut, 832.532 orang diantaranya merupakan penumpang rute domestik dan 216.249 penumpang rute internasional.

Selain itu, AP I juga memprediksi puncak arus pergerakan penumpang akan terjadi pada Rabu (28/6/2023) dengan prediksi trafik mencapai 217.660 pergerakan penumpang di 15 bandara yang dikelola perseroan.

“Pada libur panjang kali ini, kami memperkirakan lebih dari 1 juta penumpang akan dilayani di 15 bandara Angkasa Pura I atau mencapai 210.000 penumpang per hari. Dengan potensi lonjakan terjadi selama liburan panjang kali ini, kami telah menyiapkan sejumlah antisipasi agar para pengguna jasa bandara tepat merasa aman dan nyaman,” ujar Lukman dalam keterangan resminya, Selasa (27/6/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Widya Islamiati
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper