Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cetak Laba Bersih, AP I Target Perbaiki Ekuitas Seperti Semula

PT Angkasa Pura I atau AP I menargetkan untuk segera memulihkan kinerja keuangan seperti sebelum masa pandemi.
Suasana di Bandara Ngurah Rai, Bali./JIBI-Abdullah Azzam
Suasana di Bandara Ngurah Rai, Bali./JIBI-Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA - PT Angkasa Pura I (persero) atau AP I menargetkan untuk segera memulihkan kinerja keuangan seperti sebelum pandemi Covid-19 setelah akhirnya mencetak laba bersih pada kuartal I/2023.

Direktur Utama AP I Faik Fahmi menuturkan walaupun telah memperoleh laba positif pada kuartal I/2023, diharapkan mampu mengembalikan ekuitas ke posisi semula sebelum pandemi atau bahkan lebih.

“Selain itu, AP I juga masih perlu berkoordinasi dengan berbagai pemangku kepentingan terkait dengan kewajiban yang perlu dipenuhi secara bertahap ke depannya,” ujarnya melalui keterangan resmi dikutip, Selasa (13/6/2023).

Faik melihat positif di tiga bulan pertama tahun ini memberikan momentum dan keyakinan untuk semakin gigih ke- depannya.

“Kami menjadi paham bagaimana memaksimalkan kekuatan internal dan mengadaptasi perubahan. Karena itu, kami yakin bahwa Rebound to Win mampu mendorong AP I bangkit lebih cepat dari tantangan pandemi dan bisnis,” terangnya.

Tercatat laba bersih AP I selama tiga bulan berjalan 2023, meningkat 120 persen dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu atau sebesar Rp147 miliar.

Pencapaian ini didukung oleh kontribusi tingginya pergerakan penumpang sebesar 15,3 juta penumpang atau telah mencapai recovery rate sebesar 81 persen dibandingkan dengan periode yang sama pada 2019 sebesar 18,9 juta penumpang

Faik mengaku sangat bersyukur dapat bertahan dan bisa bangkit kembali di tengah situasi pandemi yang membuat perusahaan mesti menelan pil pahit selama tiga tahun belakangan akibat dampak pandemi Covid-19.

Pencapaian pemulihan melalui pengembangan sektor pariwisata Indonesia dan konektivitas udara. Hal ini membuktikan bahwa kerja keras AP I dalam menjalankan transformasi berhasil meningkatkan kinerja operasional dan keuangan perusahaan. Oleh karena itu, dia optimistis tren positif ini dapat terus berlanjut.

Faik menambahkan bahwa transformasi perusahaan rebound to win memiliki peran penting dalam mengakselerasi recovery perusahaan. AP I berhasil mencatat kenaikan EBITDA di kuartal I/2023 hampir 11 kali lipat dari periode yang sama pada tahun sebelumnya atau mencapai Rp965 miliar.

Pendapatan usaha juga meningkat 107 persen mencapai Rp1,95 triliun pada Maret 2023, yang terdiri dari pendapatan aero sebesar Rp1,17 triliun dan pendapatan non aero Rp781 miliar.

Beberapa inisiatif yang dilakukan AP I antara lain berupa fleksibilitas slot time, joint marketing, insentif pemberian diskon landing fee kepada maskapai, hingga penguatan kerja sama dengan Emirates untuk peningkatan kapasitas wisatawan yang datang ke Indonesia dengan mendatangkan pesawat komersial terbesar dunia, Airbus A380, melalui rute Dubai-Bali-Dubai.

Berbagai inisiatif transformasi yang dilakukan perusahaan, termasuk dalam menerapkan strategi marketing yang baik, menjadi faktor penting dalam meningkatkan kinerja keuangan dan operasional perusahaan. Hal ini tercermin pada peningkatan trafik penumpang hingga mencapai 57 persen dari 9,8 juta penumpang per Maret 2022 menjadi 15 juta penumpang per Maret 2023.

Peningkatan layanan penumpang melalui perbaikan look and feel serta tenant mixing terbukti berdampak pada peningkatan spending per pax. Selanjutnya, implementasi manajemen operasi Berbasis Trafik (MOT) berhasil membuat cost operation per pax menjadi lebih efisien dengan realisasi sebesar Rp 48.000 per pax atau turun 21 persen dibandingkan dengan pada tahun lalu.

Tak hanya itu, upaya restrukturisasi keuangan juga berhasil meningkatkan arus kas dan likuiditas. Current ratio, perusahaan rasio kemampuan perusahaan untuk membayar utang jangka pendek mengalami peningkatan dari 0,6 kali pada kuartal I/2022 menjadi 1,2 kali pada triwulan I/2023. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper