Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penumpang Angkasa Pura I Tumbuh 55 Persen April 2023

PT Angkasa Pura (AP I) mencatatkan pergerakan penumpang sebanyak 5,3 juta orang sepanjang April 2023.
Bandara Sam Ratulangi di Manado, Sulawesi Utara. /Dok. Angkasa Pura I
Bandara Sam Ratulangi di Manado, Sulawesi Utara. /Dok. Angkasa Pura I

Bisnis.com, JAKARTA - PT Angkasa Pura I atau AP I mencatatkan pergerakan penumpang sebanyak 5,3 juta orang sepanjang April 2023. Jumlah tersebut mengalami pertumbuhan 55 persen dibandingkan April 2022 yang mencapai 3,4 juta penumpang. 

Direktur Utama AP I, Faik Fahmi, menjelaskan jumlah penumpang tersebut berasal dari 15 bandara yang dikelola oleh AP I. Secara rinci, sebanyak 4,2 juta penumpang diantaranya merupakan penumpang rute domestik, sementara 1,1 juta penumpang lainnya berasal dari rute internasional. 

“Untuk penumpang rute internasional, jumlahnya terus mengalami peningkatan setiap bulannya sesuai dengan pertumbuhan penumpang internasional se-Indonesia,” kata Faik dalam keterangan resminya, Selasa (16/5/2023).

Dia mengatakan, hal tersebut sesuai dengan data International Air Transport Association (IATA) yang menyebutkan pada Januari-Februari 2023, Indonesia merupakan negara yang memiliki recovery rate penumpang internasional tertinggi di region Asia Pasifik. 

Pertumbuhan recovery rate penumpang internasional Indonesia berada di atas Thailand, salah satu negara yang memiliki jumlah penumpang internasional terbesar di Asia Pasifik.

Sementara itu, untuk pergerakan pesawat udara, Angkasa Pura I mencatat melayani sebanyak 44.988 pergerakan. Jumlah tersebut tumbuh sebesar 11 persen dibandingkan dengan jumlah pergerakan pesawat pada periode yang sama pada tahun lalu mencapai 40.572 pergerakan.

Dia mengatakan, catatan ini menjadi pertanda baik untuk manajemen Angkasa Pura I. Faik menuturkan, sebagai gerbang udara domestik maupun internasional, AP I harus selalu menjaga pertumbuhan double digit dengan terus menjaga dan meningkatkan service excellence kepada seluruh pengguna jasa bandara.

“Kami sangat bangga dan bersyukur bahwa Angkasa Pura I tetap mempertahankan pertumbuhan double digit atau di atas rata-rata pertumbuhan industri aviasi. Ini menjadi tren positif karena perusahaan terus memberikan performa yang baik sepanjang 2023,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper