Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

AP II Prediksi Layani 3,62 Juta Penumpang saat Libur Panjang

PT Angkasa Pura II atau AP II memprediksi bisa melayani hingga 3,62 juta penumpang saat periode libur panjang.
Penumpang pesawat berada di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (22/12/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha
Penumpang pesawat berada di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (22/12/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA – PT Angkasa Pura II atau AP II memproyeksikan jumlah penumpang pesawat pada libur panjang Iduladha akhir pekan ini dan musim liburan sekolah pada 22 Juni hingga 6 Juli 2023 mencapai 3,62 juta penumpang.

Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin menyebutkan jumlah penumpang pada 22 hingga 26 Juni 2023 tercatat sudah mencapai 1,30 juta orang, atau mengalami peningkatan sekitar 7 persen dibandingkan dengan satu minggu sebelumnya, 15 sampai 19 Juni 2023.

“Jumlah penumpang di bandara AP II sepanjang periode libur H-7 hingga H+7 Hari Raya Iduladha ini kami perkirakan meningkat 7-10 persen dibandingkan dengan hari-hari normal,” ujar Awaluddin dalam siaran pers, Rabu (28/6/2023).

Awaluddin juga menuturkan AP II memperkirakan, puncak keberangkatan penumpang akan berlangsung pada tanggal 27 hingga 28 Juni 2023.

“Pada puncak keberangkatan 27 Juni diperkirakan jumlah penumpang mencapai sekitar 255.000 orang dan pada 28 Juni sekitar 256.000 orang. AP II bersama stakeholder di 20 bandara berkolaborasi erat untuk memastikan kelancaran keberangkatan dan kedatangan penumpang pada peak season libur panjang akhir pekan ini,” tambah Awaluddin.

Lebih lanjut, Muhammad Awaluddin menjelaskan, peningkatan jumlah penumpang ini disamping karena adanya libur panjang, juga dipengaruhi oleh dicabutnya status pandemi Covid-19 menjadi endemi baru-baru ini.

Pemerintah telah mencabut status pandemi dan menetapkan Indonesia masuk masa endemi pada 21 Juni 2023. Presiden Joko Widodo turut berharap keputusan tersebut dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan ekonomi nasional.

AP II pun berharap dicabutnya status pandemi akan memberikan dampak positif terhadap lalu lintas penerbangan, termasuk terhadap target jumlah penumpang yang sebelumnya telah diproyeksikan pada awal tahun.

“Pada awal tahun kami menargetkan jumlah penumpang di 20 bandara AP II secara kumulatif dapat mencapai 73 juta orang pada 2023, dan dengan adanya pencabutan status pandemi ini kami menaikkan target tersebut,” ujar Awaluddin.

Dengan memasuki masa endemi, menurut Awaluddin, AP II kemudian memproyeksikan jumlah penumpang pada 2023 ini akan meningkat 5 persen dari target awal menjadi 76,65 juta orang.

Adapun komposisi penumpang sepanjang 2023 adalah sebesar 70 persen penumpang rute domestik dan 30 persen penumpang rute internasional.

Namun demikian, Awaluddin menuturkan sesuai anjuran pemerintah agar penumpang pesawat tetap berhati-hati dan selalu menjalankan perilaku hidup sehat dan bersih.

Muhammad Awaluddin menuturkan AP II bersama maskapai akan mendorong pengaktifan kembali rute-rute penerbangan domestik yang sempat ditutup saat pandemi serta pembukaan rute-rute baru domestik.

“Wisatawan domestik sangat berperan dalam mendukung kebangkitan pariwisata nasional. Karena itu AP II bersama stakeholder khususnya maskapai akan memperkuat konektivitas di rute-rute domestik,” tutup Awaluddin. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Widya Islamiati
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper