Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Libur Iduladha, Angkasa Pura I Prediksi Layani 1,05 Juta Penumpang

Jumlah penumpang pesawat di 15 bandara Angkasa Pura I diperkirakan mencapai 1,05 juta selama periode libur panjang Iduladha 2023.
Suasana terminal kedatangan bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali pada Senin (7/3/2022) pada hari pertama uji coba bebas karantina PPLN/Bisnis-Wibi Pangestu. 
Suasana terminal kedatangan bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali pada Senin (7/3/2022) pada hari pertama uji coba bebas karantina PPLN/Bisnis-Wibi Pangestu. 

Bisnis.com, JAKARTA - PT Angkasa Pura I atau AP I memperkirakan akan melayani sekitar 1.048.781 penumpang pada periode libur panjang Iduladha 2023, yakni 28 Juni-2 Juli 2023. 

Lukman F. Laisa, Pejabat Pengganti Sementara (Pgs.) Direktur Utama PT Angkasa Pura I memaparkan, dari perkiraan tersebut, 832.532 orang diantaranya merupakan penumpang rute domestik dan 216.249 penumpang rute internasional.

Selain itu, AP I juga memprediksi puncak arus pergerakan penumpang akan terjadi pada Rabu (28/6/2023) dengan prediksi trafik mencapai 217.660 pergerakan penumpang di 15 bandara yang dikelola perseroan.

“Pada libur panjang kali ini, kami memperkirakan lebih dari 1 juta penumpang akan dilayani di 15 bandara Angkasa Pura I atau mencapai 210.000 penumpang per hari. Dengan potensi lonjakan terjadi selama liburan panjang kali ini, kami telah menyiapkan sejumlah antisipasi agar para pengguna jasa bandara tepat merasa aman dan nyaman,” ujar Lukman dalam keterangan resminya, Selasa (27/6/2023).

Lukman melanjutkan, selama periode ini, tiga bandara AP I, yakni Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Bandara Sam Ratulangi Manado, dan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar akan beroperasi selama 24 jam sehari. 

Dia mengatakan, bandara-bandara lain juga akan melakukan penyesuaian jam operasi jika diperlukan atau dengan menyesuaikan permintaan dari maskapai penerbangan. Kebijakan penyesuaian jam operasional bandara ini ditujukan untuk mengantisipasi tingginya potensi lonjakan trafik pergerakan pesawat dan penumpang selama periode libur panjang.

Lukman menjelaskan, antisipasi yang dilakukan untuk menghadapi lonjakan penumpang, antara lain dengan memastikan kesiapan infrastruktur utama dan pendukung di bandara, memastikan kesiapan personel, serta menyesuaikan jam operasi bandara apabila diperlukan.

Angkasa Pura I juga menjalin koordinasi secara terus menerus dengan instansi terkait untuk memastikan kelancaran operasional penerbangan dan menjaga kualitas layanan atau level of service bagi seluruh pengguna jasa bandara. 

Angkasa Pura I turut mempersiapkan sebanyak 4.996 personel di 15 bandara, yang terdiri atas 4.570 personel operasional internal dari Angkasa Pura I, serta 426 personel keamanan dari TNI dan Polri. Untuk mendukung konektivitas penumpang, Angkasa Pura I juga berkoordinasi dengan instansi terkait untuk memastikan kesiapan transportasi darat, di antaranya taksi bandara, transportasi online, bus, dan kereta api bandara.  

Lukman melanjutkan, AP I memprediksi Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Bandara Juanda Surabaya, dan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar akan menjadi bandara dengan trafik tersibuk selama periode libur panjang Iduladha. 

“Bandara I Gusti Ngurah Rai yang secara tradisional merupakan bandara tujuan wisatawan lokal dan internasional, kami prediksikan akan menjadi bandara yang melayani pergerakan penumpang tertinggi di antara bandara-bandara Angkasa Pura I," lanjut Lukman.

Dengan prediksi potensi lonjakan penumpang di bandara pada masa liburan panjang kali ini, Lukman mengimbau agar masyarakat dapat tetap memperhatikan protokol kesehatan. 

Pengguna jasa yang hendak melakukan perjalanan udara diharapkan tetap memperhatikan implementasi protokol kesehatan, berkoordinasi dengan maskapai penerbangan untuk update jadwal perjalanan, serta untuk tiba di bandara lebih awal untuk menghindari kepadatan menuju ke bandara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper