Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PLTU Morowali Kebakaran, PT IMIP Ungkap Kronologinya

PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) mengungkapkan kebakaran PLTU milik salah satu tenant-nya diduga disebabkan percikan api dari pengelasan.
PLTU di kawasan PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP), Morowali, Sulawesi Tengah meledak/Twitter
PLTU di kawasan PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP), Morowali, Sulawesi Tengah meledak/Twitter

Bisnis.com, JAKARTA - PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) memastikan kebakaran pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) milik salah satu tenant-nya tidak menganggu operasional kawasan industri di Sulawesi Tengah itu. 

Manajemen IMIP menyatakan bahwa PLTU tersebut merupakan milik PT Walsin Nickel Industrial Indonesia. Kebakaran terjadi di area flue gas fesulfurization (FGD) atau menara desulfurisasi pada Jumat (2/6/2023) sekitar pukul 15.20 WITA.

Dari hasil investigasi, sebelum terjadi kebakaran sedang dilakukan pekerjaan pengelasan pelat penguat di atas menara desulfurisasi bagian luar. 

"Diduga kebakaran terjadi akibat percikan api aktivitas pengelasan yang mengenai demister [bahan mudah terbakar] seperti sampah plastik yang berada di bagian dalam bangunan," demikian pernyataan manajemen IMIP Bisnis, Selasa (6/6/2023)

Sekitar pukul 15.23 WITA, lima anggota safety yang bertugas mengawasi proses pekerjaan tersebut melihat gumpalan asap hitam yang keluar dari puncak bangunan. Para pekerja yang berada di area itu langsung diminta turun dari atas menara.

Petugas safety kemudian segera menghubungi pihak pemadam kebakaran dan dalam waktu kurang lebih 40 menit kebakaran berhasil dipadamkan. Tak ada korban jiwa atau luka dalam peristiwa itu. Selain itu, bangunan menara juga tak sedikit pun mengalami kerusakan.

Manajemen IMIP juga memastikan kegiatan operasional pabrik-pabrik yang berada di dalam kawasan IMIP sama sekali tak terganggu dengan peristiwa tersebut.

IMIP pun menegaskan saat ini PLTU tersebut masih dalam pembangunan sehingga kebakaran yang terjadi tidak menganggu operasional perusahaan. 

"PLTU itu masih sedang dalam pembangunan. Belum beroperasi sama sekali tidak mengganggu operasional IMIP," terang manajemen IMIP.

Diberitakan sebelumnya, video kebakaran PLTU di kawasan IMIP tersebut sempat viral di Twitter. Akun Twitter @TrendAsia_Org selaku organisasi nirlaba bercuit bahwa PLTU di kawasan IMIP telah meledak.

Dalam cuitan yang dikutip pada Senin (5/6/2023), akun menuliskan bahwa ledakan PLTU Morowali mengungkap sisi gelap kerentanan kecelakaan kerja dalam rantai pasok industri kendaraan listrik yang merusak lingkungan dan mengancam hidup masyarakat.

Pembangkit listrik tenaga termal ini dibangun di kawasan IMIP. Lokasi pembangkit listrik berada di Desa Labota, Kecamatan Bahodopi, Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah, dengan kapasitas 350 MW.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper