Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pesawat Raksasa A380 Bolak-balik Dubai-Denpasar Angkut 460 Orang

Kemenhub menyebut pesawat raksasa Airbus A380 yang dioperasikan Emirates akan angkut 460 penumpang.
Airbus A380 yang dioperasikan oleh Emirates mampu angkut 460 orang penumpang./ Dok. Kemenhub
Airbus A380 yang dioperasikan oleh Emirates mampu angkut 460 orang penumpang./ Dok. Kemenhub

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyebut pesawat komersil raksasa atau yang terbesar di dunia, Airbus A380 akan bolak-balik Dubai-Denpasar dengan mengangkut 460 penumpang.

Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Maria Kristi Endah mengatakan pesawat yang dioperasikan oleh Emirates tersebut berjenis wide body yang memiliki dua lantai.

"Airbus A380-800 milik maskapai Emirates, dengan rute penerbangan Dubai - Denpasar pergi pulang akan membawa 460 penumpang," katanya dalam siaran pers, Kamis (2/6/2023).

Dia menilai penerbangan komersil dari Emirates tersebut akan membawa dampak positif bagi bisnis penerbangan dan dapat mendukung peningkatan perekonomian dan pariwisata di Indonesia.

Kristi memastikan telah melakukan persiapan dan pengecekan fasilitas sarana dan prasarana baik sisi udara maupun sisi darat melalui Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah IV dan seluruh stakeholder.

Menurutnya, kapasitas dan dimensi A380 yang besar membutuhkan penanganan yang ekstra, karena fasilitas peralatan yang berbeda dengan pesawat lainnya agar operasional penerbangan dan pelayanan berjalan selamat, aman, dan nyaman.

Sementara itu, Kepala Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah IV, Agustinus Budi Hartono telah memastikan penyesuaian sarana dan prasarana yang dibutuhkan pada operasional pesawat A380 milik Emirates.

Koordinasi intensif bersama pihak terkait seperti PT Angkasa Pura I selaku pengelola bandara, Emirates selaku maskapai yang mengoperasikan penerbangan A380, Airnav selaku penyeleggara lalu lintas udara, ground handling dan pihak lain yang terkait lainnya telah dilakukan.

"Hal tersebut untuk memastikan sarana dan prasarana agar sesuai dengan ketentuan keselamatan dan keamanan penerbangan," ujarnya.

Dia menjelaskan penyesuaian tempat parkir pesawat beserta fasilitas rambunya, penyesuaian kapasitas ruang tunggu dan toilet pada terminal, garbarata, pengisian bahan bakar pesawat, Custom, Immigration and Quarantine (CIQ), kesiapan unit Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadam Kebakaran(PK-PPK), petugas yang terlatih sampai dengan prosedur penanganan penumpang telah kami persiapkan dengan baik.

Dengan kedatangan pesawat A380 ke Bali yang membawa kapasitas penumpang yang lebih banyak, tentunya menjadi kesempatan besar dalam meningkatkan arus kunjungan wisatawan mancanegara ke Bali, sehingga diharapkan dapat menstimulus rute penerbangan lainnya ke Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper