Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Puluhan Pelaku Usaha Mamin Asal Indonesia Unjuk Gigi di Thaifex 2023

Puluhan pelaku usaha makanan dan minuman (mamin) asal Indonesia mulai dari UMKM hingga skala besar, tengah unjuk gigi di Thaifex–Anuga 2023 di Bangkok Thailand.
Sejumlah pelaku usaha asal Indonesia memamerkan produknya di Paviliun Indonesia di Thaifex Anuga 2023 di Bangkok, Thailand. /Doc. Thaifex-Anuga 2023
Sejumlah pelaku usaha asal Indonesia memamerkan produknya di Paviliun Indonesia di Thaifex Anuga 2023 di Bangkok, Thailand. /Doc. Thaifex-Anuga 2023

Bisnis.com, BANGKOK – Puluhan pelaku usaha asal Indonesia dari berbagai skala bisnis, tengah unjuk gigi di pameran makanan dan minuman (mamin) terbesar di Asia tahun ini yakni Thaifex – Anuga 2023.

Atase Perdagangan Indonesia untuk Bangkok yakni Flora Susan mengatakan, sebanyak 24 pelaku usaha memamerkan produknya melalui Paviliun Indonesia. Sementara itu 15 pelaku usaha lain, mendirikan masing-masing booth secara mandiri yang tersebar di berbagai kategori sesuai dengan jenis produk yang dijual.

Sejumlah perusahaan itu di antaranya adalah Arira Pangindo, ABC Presiden Indonesia, Grup Indraco, Alamii Natura Sejahtera, Starfood Jaya Prima dan Grup Sari Murni.

Flora mengatakan, Thaifex Anuga Asia adalah platform pameran dagang makanan dan minuman berskala internasional yang dapat menjangkau pasar Thailand dan Asia serta menarik kunjungan buyer dari mancanegara.

“Sehingga produk Indonesia mempunyai kesempatan untuk penetrasi pasar di Thailand dan pasar yang lebih luas lagi,” katanya, kepada Bisnis, Kamis (25/5/2023).

Dia melanjutkan, penetrasi para pengusaha asal Indonesia di Thailand terus menunjukkan kenaikkan. Hal itu dibuktikan dengan naiknya pangsa pasar produk pangan olahan Indonesia di Thailand dari 7,17 persen pada 2021 menjadi 9,44 persen pada 2022.

Flora mengatakan, sejauh ini produk-produk asal Indonesia seperti biskuit, wafer, confectionary dan makanan ringan menjadi yang paling diminati oleh para buyers dan pengunjung Thaifex dari tahun ke tahun.

“Pada 2023 ini tidak jauh berbeda. Ada beberapa bahan baku makanan dan turunannya seperti porang dan sagu yang diharapkan menjadi produk yang juga diminati, sejalan dengan tren pasar yang mencari bahan baku dan pangan olahan alternatif untuk makanan yang memiliki manfaat kesehatan,” ujarnya,

Di sisi lain, sejauh ini dia melihat terdapat beberapa produk asal Indonesia mendapatkan respons yang positif dari para buyers.

“Setelah terjalin kontak bisnis di Thaifex, langsung ada pengiriman ke Thailand baik sampel maupun penjualan,” katanya.

Seperti diketahui Thaifex – Anuga Asia merupakan ajang pameran internasional yang digelar tiap tahun di Thailand. Menggambil lokasi di Impact Muang Thong Thani di Bangkok, Thailand pada 23-27 Mei 2023, pameran yang diinisiasi oleh Departemen Promosi Perdagangan Internasional Thailand, Kamar Dagang Thailand, dan Koelnmesse ini, menampilkan ribuan peserta pameran dari berbagai negara.

Diklaim sebagai salah satu pameran dagang terbesar di Asia, Thaifex – Anuga Asia 2023 menampilkan sebanyak 1.925 peserta pameran yang berasal dari 43 negara. Selain Thailand, lima negara yang ikut serta menjadi peserta dengan status top five exhibition international countries adalah China, Korea Selatan, Malaysia, Vietnam, dan Turki.

Beragam jenis makanan dari berbagai belahan dunia dipamerkan di dalam Thaifex – Anuga Asia 2023 yang mengambil ruang pameran seluas 130.000 meter persegi. Pameran dagang ini juga turut menyediakan 11 ruang pameran dengan sejumlah tema khusus.

Selain menyediakan ruang bagi pengunjung untuk menjajal berbagai jenis makanan dari para peserta pameran, para calon mitra atau buyers juga diberikan kesempatan untuk melakukan negosiasi dan kesepakatan dagang di tempat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper