Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Periksa Tiket KA di Stasiun Gambir Pakai Pindai Wajah, Perlu KTP?

PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1 Jakarta menerapkan teknologi pindai wajah di empat gerbang kedatangan area Stasiun Gambir mulai 17 Mei 2023
Penggunaan pindai wajah atau face recognition di Stasiun Gambir oleh penumpang saat periksa tiket KA. / Dok. KAI Daop 1
Penggunaan pindai wajah atau face recognition di Stasiun Gambir oleh penumpang saat periksa tiket KA. / Dok. KAI Daop 1

Bisnis.com, JAKARTA – Terhitung mulai Rabu, 17 Mei 2023 PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1 Jakarta menerapkan teknologi Face Recognition Boarding Gate di empat gerbang kedatangan area hall selatan Stasiun Gambir.

Face Recognition Boarding Gate merupakan fasilitas layanan boarding pada area pemeriksaan tiket yang dilengkapi dengan kamera yang berfungsi untuk mengidentifikasi dan memvalidasi identitas seseorang melalui pindai wajah yang datanya sudah diintegrasikan dengan data tiket kereta milik penumpang yang ada pada sistem boarding KAI.

Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa menuturkan dengan teknologi ini pelanggan yang melakukan boarding melalui Face Recognition Gate tidak perlu lagi menunjukan KTP atau bukti cetak tiket.

“Untuk dapat menikmati fasilitas tersebut pelanggan cukup melakukan satu kali registrasi atau pendaftaran yang berlaku seterusnya termasuk saat berada di stasiun lain yang sudah memiliki fasilitas Face Recognition Boarding Gate,” kata Eva dalam keterangan resmi, Kamis (18/5/2023).

Lebih lanjut Eva menjelaskan, di Stasiun Gambir proses registrasi dapat dilakukan pada mesin Check In Counter (CIC) atau melalui petugas layanan khusus yang berada di area hall selatan.

Proses registrasi ini tidak dapat diwakili, cukup membawa e-KTP proses registrasi dapat langsung dilakukan dengan menempelkan e-KTP pada perangkat Reader kemudian menempelkan jari telunjuk kanan atau kiri pada pemindai yang ada di e-KTP reader.

Jika sudah melakukan registrasi, pelanggan tidak perlu lagi melakukan cetak boarding pass. Pelanggan dapat langsung menuju ke Face Recognition Boarding Gate jika waktu untuk boarding sudah dapat dilakukan.

Caranya dengan mengarahkan wajah ke mesin pemindai dan jika data tiket, identitas, dan syarat lainnya sudah sesuai, maka gate akan otomatis terbuka.

“Proses pemindaian wajah pelanggan dan proses verifikasi seluruh data yang tersimpan di sistem KAI sangat cepat, sehingga hal tersebut akan sangat mempermudah pelanggan dan memperlancar antrean saat proses boarding,” tambah Eva.

Selain di Stasiun Gambir, Face Recognition Boarding Gate saat ini sudah terpasang di Stasiun Bandung, Yogyakarta, Surabaya Gubeng, Malang dan Solo Balapan, untuk itu bagi pelanggan KA yang sudah pernah menggunakan layanan serupa di stasiun-stasiun tersebut, tidak perlu melakukan registrasi lagi di Stasiun Gambir.

“Bagi pelanggan yang tidak dapat melakukan registrasi karena tidak memiliki e-KTP seperti pelanggan anak atau e-KTP nya dalam keadaan rusak tidak perlu khawatir, proses registrasi juga dapat dilakukan melalui petugas layanan yang tersedia, selain itu KAI juga masih menyediakan layanan boarding manual di Stasiun Gambir,” jelas Eva.

Eva menyebut penerapan Face Recognition Boarding Gate diharapkan dapat mempermudah pelanggan dalam melakukan perjalanan dengan proses boarding yang lebih cepat, praktis dan tidak memerlukan verifikasi berkas manual.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Widya Islamiati
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper