Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tol Jakarta-Cikampek Padat Pagi Ini, Contraflow arah Jakarta Diberlakukan

PT Jasamarga Transjawa Tol (JTT) melanjutkan contraflow KM 72 s.d KM 47 arah Jakarta di ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek.
PT Jasamarga Transjawa Tol (JTT) melanjutkan contraflow KM 72 s.d KM 47 arah Jakarta di ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek. - Jasa Marga.
PT Jasamarga Transjawa Tol (JTT) melanjutkan contraflow KM 72 s.d KM 47 arah Jakarta di ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek. - Jasa Marga.

Bisnis.com, JAKARTA - PT Jasamarga Transjawa Tol (JTT) melakukan penyelarasan diskresi kepolisian dengan melanjutkan contraflow KM 72 s.d KM 47 arah Jakarta di ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek. 

Berdasarkan akun resmi Twitter @PTJASAMARGA. perpanjangan dilakukan sejak pukul 22.30 WIB tadi malam, Sabtu (29/4/2023) hingga hari ini, Minggu (30/4/2023). Kondisi terkini situasi lalu lintas di ruas tol Japek pukul 07.30 WIB cukup padat di Karawang Barat KM 46 - KM 49 arah Cikampek.

"Ada penanganan kendaraan Truk Colt Diesel gangguan di bahu luar/kiri dan ada Lajur Contraflow dari arah Cikampek di lajur tengah-kanan," tulis akun Twitter @PTJASAMARGA, dikutip Minggu, (30/4/2023). 

Selain itu, pemberlakuan one way dari GT Kalikangkung KM 414 - Cikampek KM 72 juga diberlakukan pagi ini khusus bagi pengendara yang menuju arah Cikampek.

VP Corporate Secretary and Legal, Ria Marlinda Paallo mengatakan contraflow ini terus dilanjutkan guna mengantisipasi peningkatan volume lalu-lintas kendaraan arus balik Idul Fitri 1444 H dari arah Timur yang terus mengalir menuju Jakarta. 

Dia mengimbau kepada pengguna jalan tol Trans Jawa yang menuju arah Bandung melalui Jalan Tol Cipularang dan pengguna jalan tol Trans Jawa menuju arah Karawang Timur serta Karawang Barat melalui Jalan Tol Jakarta-Cikampek agar menggunakan lajur sebelah kiri sebelum Gerbang Tol Cikampek Utama 2 dan tidak masuk ke lajur contraflow KM 72 s.d KM 47 arah Jakarta. 

"Hal ini mengingat akses menuju Jalan Tol Cipularang dari Jalan Tol Jakarta-Cikampek atau keluar ke GT Karawang Timur dan GT Karawang Barat tersebut tidak bisa diakses jika mengambil lajur contraflow arah Jakarta," kata Ria dalam keterangan resminya, Minggu (30/4/2023). 

Sebelumnya, Jasa Marga mencatat sebanyak 1.382.793 kendaraan kembali ke wilayah Jabotabek pada H1 s.d H+5 Hari Raya Idul Fitri 1444 H/ Lebaran 2023 yang jatuh pada periode Sabtu-Jumat (22-28 April 2023) atau selama 7 hari. 

Angka tersebut merupakan angka kumulatif arus lalu lintas (lalin) dari empat Gerbang Tol (GT) Utama, yaitu GT Cikupa (dari arah Merak), GT Ciawi (dari arah Puncak), dan GT Cikampek Utama (dari arah Trans Jawa) dan GT Kalihurip Utama (dari arah Bandung). 

Total volume lalin yang kembali ke wilayah Jabotabek ini meningkat 44,4 persen jika dibandingkan lalin normal dengan total 957.577 kendaraan. Jika dibandingkan dengan periode yang sama pada Lebaran 2022, total volume lalin ini lebih rendah -0,5 persen dengan total 1.389.748 kendaraan. 

Sementara itu, jika dibandingkan dengan prediksi volume lalin Lebaran 2023 pada periode yang sama, total volume lalin tersebut meningkat 0,5 persen dengan total 1.375.279 kendaraan.

Untuk distribusi lalu lintas kembali ke Jabotabek dari tiga arah yaitu dengan mayoritas sebanyak 776.273 kendaraan (56,1 persen) dari arah Timur (Trans Jawa dan Bandung), 338.812 kendaraan (24,5 persen) dari arah Barat (Merak), dan 267.708 kendaraan (19,4 persen) dari arah Selatan (Puncak). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper