Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Awas Semburan Api di Rest Area Cipali KM 86 B! Begini Kondisi Terkini

Astra Tol Cipali masih terus mengupayakan pemadaman api di rest area KM 86 B Tol Cikopo-Palimanan (Cipali).
Semburan api keluar dari sumur bor di area peristirahatan KM 86b Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) di Jawa Barat/ANTARA/HO-Badan Geologi
Semburan api keluar dari sumur bor di area peristirahatan KM 86b Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) di Jawa Barat/ANTARA/HO-Badan Geologi

Bisnis.com, JAKARTA - Astra Tol Cipali masih terus mengupayakan pemadaman api di rest area KM 86 B Tol Cikopo-Palimanan (Cipali). Adapun, semburan api terjadi sejak kemarin siang, Rabu (27/4/2023). 

Direktur Operasional Astra Tol Cipali Agung Prasetyo memastikan semburan api tersebut bukan berasal dari galian sumur bor baru. Saat ini, pihaknya telah menutup rest area KM 86 B untuk sementara waktu. 

“Kami tidak pernah melakukan penggalian sumur bor baru di rest area 86 B Tol Cipali. Semburan api ini berasal dari sumur bor existing yang memang biasa digunakan untuk kebutuhan operasional sehari-hari di rest area 86B," kata Agung melalui keterangan resminya, Kamis (27/4/2023). 

Agung menjelaskan bahwa sebelumnya, pihaknya melakukan pemasangan pipa penyambung sebagai upaya meningkatkan kapasitas pompa submersible untuk meningkatkan layanan rest area KM 86 B. 

Dia memastikan dalam kejadian ini tidak ada ledakan yang muncul. Namun, untuk melokalisir area yang terdampak semburan api, Astra Tol Cipali memasang pagar perisai spandex mengelilingi area foodcourt sepanjang 156 meter.

"Sejak semalam kami lakukan pemasangan pagar perisai spandex di lokasi semburan api dengan jarak 4-5 meter dari lokasi terdekat sumber api," ujarnya. 

Dalam hal ini, Astra Tol Cipali bersama dengan pihak-pihak terkait, yakni Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Jawa Barat, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Pemadam Kebakaran Subang, Polres Subang, Polda Jabar dan juga dibantu oleh tim Pertamina terus berkoordinasi dalam upaya penanganan semburan api di rest area KM 86 B.

"Jika diperlukan kami juga akan mencari tenaga ahli terkait dengan proses pemadaman ini yang tentunya sesuai dengan hasil koordinasi dan rekomendasi pihak-pihak terkait," terangnya. 

Lebih lanjut, dia mengimbau kepada pengguna jalan yang hendak berisitirahat selama arus balik Lebaran 2023 dapat beristirahat di rest area Cipali KM 102 atau di rest area selanjutnya di KM 62 Ruas Tol Jakarta – Cikampek (Japek) milik Jasa Marga atau bisa keluar di gerbang tol terdekat.

Adapun, semburan api yang berasal dari lokasi sumur bor yang berada di rest area KM 86 B Tol Cipali ini terjadi pada pukul 08.32 WIB. Astra Tol Cipali selaku pengelola Ruas Tol Cikopo-Palimanan, memohon maaf atas ketidaknyamanan yang diakibatkan oleh semburan api di lokasi rest area KM 86 B. 

Sebagai bentuk tanggung jawab dan upaya penanganan keamanan dan keselamatan bagi pemilik tenant, pengunjung dan masyarakat sekitar di lokasi rest area Km 86 B, ASTRA Tol Cipali melakukan penutupan sementara rest area. 

“Kami memohon maaf yang sebesar-besarnya kepada para tenant, pengunjung dan masyarakat atas ketidaknyamanan yang terjadi. Kami terus melakukan upaya pemadaman semburan api di lokasi dengan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait,” tandasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper