Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Puncak Arus Balik, 43.500 Penumpang Kereta Tiba di Ibu Kota

Jumlah penumpang yang tiba di Jakarta mengalami peningkatan hingga dua kali lipat dibandingkan dengan masa normal. 
Pemudik keluar dari pintu kedatangan Stasiun Pasar Senen, Jakarta pada Selasa (25/4/2023). / Bisnis - Fahmi Ahmad Burhan
Pemudik keluar dari pintu kedatangan Stasiun Pasar Senen, Jakarta pada Selasa (25/4/2023). / Bisnis - Fahmi Ahmad Burhan

Bisnis.com, JAKARTA - Arus balik via kereta api ke Jakarta sudah mulai ramai. PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta mencatat dalam sehari ini (25/4/2023) hingga pukul 14.00 WIB sudah ada 43.500 penumpang tiba di Jakarta.

Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan jumlah penumpang yang tiba di Jakarta itu mengalami peningkatan hingga dua kali lipat dibandingkan dengan masa normal. 

Para penumpang itu paling banyak tiba di Stasiun Gambir dan Stasiun Senen. Selain itu ada yang tiba di Stasiun Jakarta Kota hingga di Cikarang.

Secara rinci, jumlah penumpang turun di Stasiun Pasar Senen mencapai 16.200 orang, di Stasiun Gambir 16.100 orang, di Stasiun Jatinegara 4.500 orang, di Stasiun Bekasi 4.100 orang. Sisanya penumpang tiba di Stasiun Cikarang, Stasiun Karawang, Stasiun Cikampek, dan Stasiun Jakarta Kota.

"Masuk masa puncak arus balik sejak kemarin [24/4/2023]. Jumlah penumpang ada di atas 40 ribu tiba di Jakarta. Seluruh KA sudah pasti full dengan penumpang. Jadwal kedatangan padat merata, semua KA yang datang sampai malam nanti dipadati dengan okupansi 90 persen ke atas," kata Eva pada Selasa (25/4/2023) di Jakarta.

Meski disebutkan puncak arus balik terjadi hari ini (25/4/2023), tetapi tingginya angka kedatangan di Stasiun Pasar Senen hingga Stasiun Gambir diperkirakan akan terjadi terus hingga pekan depan (3/5/2023) atau hari terakhir arus balik.

Sementara itu, keberangkatan dari Jakarta menggunakan kereta api juga tercatat masih dipadati penumpang. Keberangkatan dari Daop 1 Jakarta per hari ini saja mencapai 36.000, di atas angka keberangkatan normal sekitar 24.000. Khusus di Pasar Senen terdapat sekitar 22.000 penumpang yang berangkat.

"Hari ini cukup tinggi tingkat masyarakat atau volume pengguna keberangkatan dari Jakarta. Persentase okupansinya masih capai 84 persen," katanya.

Berdasarkan pantauan Bisnis di Stasiun Pasar Senen, masih banyak pemudik yang memang memilih untuk berangkat dari Jakarta setelah lebaran, tepatnya Selasa (25/4/2023). Di pintu keberangkatan, calon penumpang pun antre. Di luar area lobi stasiun, terdapat banyak kendaraan yang menurunkan penumpangnya.

Salah seorang pemudik, Fajar Mudzakir memilih mudik pada masa puncak arus balik. "Baru mau berangkat ke Surabaya pakai kereta Jayakarta. Sengaja [mudik saat arus balik] alasannya karena pas kemarin agak padat jadwal, tiket penuh, ada sisa tapi tinggal yang mahal-mahal harganya," kata pria berusia 25 tahun ini.

Dia sendiri berencana mudik pada masa arus balik dan pulang lagi ke Jakarta pada Jumat (28/4/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper