Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Alasan Pemudik Pilih Kereta Api Meski Harus 'War Tiket'

Secara total okupansi keterisian tempat duduk dari pemberangkatan KA di area Daop 1 Jakarta mencapai 100 persen. 
Pemudik memadati Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Kamis (20/4/2023). /Bisnis-Annasa Rizki Kamalina.
Pemudik memadati Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Kamis (20/4/2023). /Bisnis-Annasa Rizki Kamalina.

Bisnis.com, JAKARTA — Suasana Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat pada Sabtu (22/4/2023) terpantau masih dipadati oleh pemudik Lebaran yang akan melakukan perjalanan keluar kota menggunakan kereta api.

Berdasarkan pantauan Bisnis hingga pukul 19.00 WIB, masyarakat yang akan melakukan perjalanan kian ramai berdatangan. Sejumlah penumpang bahkan terpaksa duduk di lantai lantaran sebagian besar kursi di ruang tunggu telah terisi.

Saat ditemui, sejumlah penumpang mengaku lebih senang pulang kampung menggunakan kereta api dibandingkan transportasi umum lainnya, meskipun harus berebut tiket. Selain nyaman, penumpang tidak perlu menghadapi jalanan yang macet untuk sampai ke tempat tujuan.

Ayu, 50, adalah salah satunya. Wanita yang akan mudik ke daerah Malang, Jawa Timur ini mengaku selain harganya yang ramah di kantong, dia tidak perlu khawatir dengan jalanan yang macet.

“Lebih murah, terus nggak macet,” kata Ayu saat ditemui Bisnis, Sabtu (22/4/2023).

Tia,  52, wanita asal Kendal, juga mengaku lebih senang pulang kampung menggunakan kereta api.

“Enakan kereta api. Saya kalau naik [transportasi] yang lainnya, nggak bisa,” ungkapnya.

Sepasang suami istri juga mengungkapkan alasan serupa. Salindri, 50, yang tengah mengantarkan istrinya untuk mudik ke Semarang, Jawa Tengah ini mengungkapkan, selain nyaman, pelayanan kereta api sangat bagus. 

Berdasarkan data PT Kereta Api Indonesia (Persero), hari ini, Sabtu (22/4/2023) terdapat sekitar 23.600 penumpang berangkat dari Stasiun Pasar Senen dengan layanan 32 KA yang beroperasi. 

Sementara untuk Stasiun Gambir volume penumpang berangkat hari ini mencapai sekitar 17.800 dengan layanan dari 38 KA beroperasi. Secara total okupansi keterisian tempat duduk dari pemberangkatan KA di area Daop 1 Jakarta mencapai 100 persen. 

Kahumas KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengungkapkan, sekitar 605.000 tiket untuk keberangkatan masa angkutan Lebaran dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen telah terjual, menurut data per Sabtu (22/4/2023).

“Dari jumlah tersebut, mayoritas pemesanan dilakukan untuk jadwal keberangkatan pada tanggal favorit yakni tanggal 14-23 April 2023,” ungkap Eva dalam keterangan resmi, Sabtu (22/4/2023).

Bagi masyarakat yang ingin mengetahui ketersediaan tiket dapat mengakses secara online melalui Aplikasi KAI Access yang dapat diunduh secara gratis di perangkat Android dan iOS. 

Selain pengecekan ketersediaan tiket, Aplikasi KAI Access juga dapat digunakan untuk pemesanan tiket, perubahan jadwal, dan pembatalan tiket. Pemesanan tiket juga dapat dilakukan melalui agen resmi penjualan online dan retail yang sudah bekerjasama dengan KAI. 

“Informasi lebih lanjut terkait informasi tiket dan perjalanan KA pada masa Angkutan Lebaran masyarakat dapat menghubungi Customer Service di stasiun serta Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email [email protected], atau media sosial KAI121,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ni Luh Anggela
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper