Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

H-2 Lebaran, Masih Ada Pemudik Berburu Tiket di Stasiun Pasar Senen

Sejumlah pemudik masih berburu tiket kereta api di Stasiun Pasar Senen, Jakarta pada Kamis (20/4/2023) atau H-2 Lebaran 2023.
Pemudik memadati Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Kamis (20/4/2023) - BISNIS/Annasa Rizki Kamalina.
Pemudik memadati Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Kamis (20/4/2023) - BISNIS/Annasa Rizki Kamalina.

Bisnis.com, JAKARTA – Sejumlah pemudik masih berburu tiket kereta api di Stasiun Pasar Senen, Jakarta untuk bisa mudik ke kampung halaman pada Kamis (20/4/2023) atau H-2 Lebaran 2023.

Pada H-2 Lebaran, Arini (35), bersama suami dan anaknya terlihat tengah menunggu dan mencari informasi, baik dari pihak KAI maupun penumpang, terkait pembatalan tiket kereta api di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat. 

Dirinya mengaku sebelumnya tidak merencanakan untuk mudik. Namun, ketika mendekati Hari Raya Idulfitri, keluarganya memutuskan untuk kembali ke kampung halaman. 

“Tadinya nggak kepikiran mau mudik naik kereta, tapi mendingan naik kereta sebenarnya. Nyari tiket siapa tau ada yang batal tapi kalau lihat di akses KAI cuma dapat dua atau satu, pengen nanya aja ke sini penasaran,” ujarnya kepada Bisnis, Kamis (20/4/2023). 

Dirinya berharap mendapat enam tiket kereta api sekaligus dengan tempat duduk bersebelahan untuk keluarganya dengan tujuan ke Semarang. Namun, nyatanya, hanya dua atau tiga tiket yang tersedia dengan harga paling murah Rp104.000 per tiket. 

Meski demikian, bila memang tidak mendapatkannya, Arini yang berencana mudik pada malam Lebaran akan memilih menggunakan mobil sebagai pilihan terakhir. 

“Ada mobil pilihan terakhir, tapi kalau mobil macet dan capek, pengennya naik kereta saja,” ucapnya.

Berbeda dengan Wintoro (23), dirinya mengaku telah memesan tiket kereta api dari jauh-jauh hari dan justru mendapatkan tiket dengan harga yang cukup murah untuk istri, anak, dan iparnya. 

Pemudik tujuan Randublatung, Jawa Tengah, tersebut mendapatkan tiket dengan harga Rp20.000 per orang. 

“Saya dapat tiket murah meriah, sangat membantu, jadi pulang pergi cuma Rp80.000, saya ini berempat. Kemarin dapat tiket murah karena program pemerintah dari Kementerian Perhubungan,” ujar Wintoro.

Untuk menuju kampung halamannya, Wintoro hanya dapat menempuh perjalanan dengan kereta api hingga Stasiun Semarang Tawang dan harus melanjutkan perjalanan menggunakan motor. 

“Mudik ke Randublatung, tapi habisnya di Semarang Tawang, lanjut perjalanan naik motor, kami sudah siap bawa helm semua,” ujarnya sambil tersenyum dan menunjukkan istrinya yang sudah memakai helm di ruang tunggu. 

Sementara itu, Wintoro yang rutin mudik setiap tahunnya melihat bahwa mudik pada tahun ini jauh lebih ramai dibandingkan tiga tahun lalu. Pasalnya, pemerintah telah mencabut pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

Berdasarkan data KAI, tingkat okupansi volume penumpang sudah mencapai 90 hingga 100 persen dengan volume penumpang berangkat tertinggi tercatat pada 18, 19, 20 dan 21 April 2023 d imana tingkat okupansi telah mencapai 100 persen.  

Dari jumlah tersebut mayoritas pemesanan dilakukan untuk jadwal keberangkatan pada tanggal favorit yakni 14 April sampai 23 April 2023 dengan kota tujuan yang menjadi pilihan favorit diantaranya Yogyakarta, Surabaya, Purwokerto, Kutoarjo, Semarang, Tegal, Solo dan Bandung. 

Pada masa angkutan lebaran 2023 mulai 12 April (H-10) hingga 3 Mei (H+10) secara total PT KAI Daop 1 Jakarta menyiapkan hingga 1 Juta tiket Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) dengan 1.513 perjalanan KA untuk keberangkatan dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen.  

“Ada KA Tambahan sebanyak 303 KA untuk sejumlah perjalanan relasi favorit seperti tujuan Yogyakarta, Semarang, Solo, Blitar, Surabaya dan Malang,” jelas Kepala Humas KAI Daop 1 Eva Chairunnisa dalam keterangan resminya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper