Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Diskon Tarif Tol Jakarta-Cikampek Mudik Lebaran, Catat Tanggalnya

Jasa Marga memberikan diskon tarif tol Jakarta-Cikampek sebesar 20 persen selama mudik Lebaran 2023.
Kepadatan kendaraan di GT Cikampek Utama 2, Jumat (6/5/2022) / Jasa Marga
Kepadatan kendaraan di GT Cikampek Utama 2, Jumat (6/5/2022) / Jasa Marga

Bisnis.com, JAKARTA – PT Jasa Marga (Persero) Tbk mulai memberlakukan program diskon tarif tol mudik Lebaran untuk tarif terjauh Jalan Tol Jakarta-Cikampek sebesar 20 persen yang berlaku di Gerbang Tol Cikampek Utama dan Gerbang Tol Kalihurip Utama sejak Minggu (16/4/2023) pukul 06.00 WIB.

Pada periode arus mudik, diskon tarif 20 persen ini akan berlaku tiga hari hingga Selasa (18/4/2023) pukul 06.00 WIB. Besaran diskon tarif tol 20 persen berlaku untuk tarif terjauh Jalan Tol Jakarta-Cikampek dengan rincian sebagai berikut: 

Kendaraan Golongan I: Semula Rp20.000 menjadi Rp16.000, diskon sebesar Rp4.000.

Kendaraan Golongan II dan III: Semula Rp30.000 menjadi Rp26.000, diskon sebesar Rp6.000.

Kendaraan Golongan IV dan V: Semula Rp40.000 menjadi Rp32.000, diskon sebesar Rp8.000.

Jasa Marga juga akan memberlakukan diskon tarif 20 persen di Tol Jakarta-Cikampek pada periode arus balik yaitu Kamis, (27/4/2023) pukul 06.00 hingga Sabtu (29/4/2023) pukul 06.00 WIB pukul 06.00 WIB.

Diskon ini berlaku untuk pengguna jalan yang menggunakan uang elektronik. Untuk itu, kami imbau pengguna jalan dapat memastikan kesiapannya sebelum melakukan perjalanan, di antaranya dengan memastikan kecukupan saldo uang elektronik.

Dikutip dari keterangan resminya, Jasa Marga menyebut pemberlakukan diskon tarif ini merupakan upaya untuk menghindari kepadatan kendaraan pada puncak arus mudik tahun ini.

“Program diskon tarif tol ini merupakan salah satu upaya Jasa Marga untuk mendistribusikan lalu lintas sehingga masyarakat dapat mengatur perjalanan dan tidak menumpuk di waktu yang diprediksi menjadi puncak arus mudik dan balik,” tulis Jasa Marga.

Jasa Marga juga mengimbau masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik dan balik melalui jalan tol untuk memastikan kesiapan perjalanan, meliputi memenuhi persyaratan perjalanan, memastikan kondisi pengemudi dan kendaraan dalam keadaan prima dan laik jalan, mempersiapkan perbekalan dan memastikan kecukupan BBM.

Selain itu, masyarakat juga diimbau untuk menghindari perjalanan di waktu yang diprediksi menjadi puncak arus mudik dan arus balik serta hindari perjalanan di waktu favorit, seperti usai waktu sahur atau berbuka puasa. 

Demi menjaga kondisi rest area agar tetap kondusif, masyarakat juga diminta untuk bijak waktu dengan tidak berlama-lama di rest area dan selalu menerapkan protokol kesehatan. Terakhir, Jasa marga mengimbau pemudik untuk mematuhi rambu dan arahan petugas di lapangan serta selalu disiplin dalam ketentuan berkendara di jalan tol. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Widya Islamiati
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper