Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

H-8 Lebaran, Jasa Marga: 158.835 Kendaraan Keluar Jabotabek

PT Jasa Marga Tbk. mencatat sebanyak 158.835 kendaraan telah meninggalkan keluar wilayah Jabotabek mulai H-8 Lebaran.
PT Jasa Marga (Persero) Tbk. menyatakan Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan bakal dibuka fungsional saat Lebaran 2023 - BISNIS/Afifah Rahmah Nurdifa.
PT Jasa Marga (Persero) Tbk. menyatakan Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan bakal dibuka fungsional saat Lebaran 2023 - BISNIS/Afifah Rahmah Nurdifa.

Bisnis.com, JAKARTA - PT Jasa Marga (Persero) Tbk. melaporkan sebanyak 158.835 kendaraan telah meninggalkan wilayah Jabotabek pada Jumat (14/4/2023) kemarin, atau H-8 Hari Raya Idul Fitri 1444H. 

Adapun, jumlah kendaraan tersebut merupakan angka kumulatif arus lalu lintas (lalin) dari 4 Gerbang Tol (GT) Barrier/Utama yakni GT Cikupa (arah Merak), GT Ciawi (arah Puncak), dan GT Cikampek Utama (arah Trans Jawa) dan GT Kalihurip Utama (arah Bandung).

Untuk diketahui, total volume lalin yang meninggalkan wilayah Jabotabek ini meningkat 2,46 persen jika dibandingkan lalin normal yakni sebanyak 155.022 kendaraan. Jika dibandingkan Lebaran 2022, total volume lalin tersebut naik 19,2 persen dari 133.211 kendaraan.

Sementara itu, jika dibandingkan dengan prediksi volume lalin Lebaran 2023 pada periode yang sama, total volume lalin tersebut lebih rendah sebesar 6,7 persen dari 170.174 Kendaraan.

Mayoritas kendaraan mengarah ke Timur (Trans jawa dan Bandung) dengan distribusi sebesar 46,3 persen atau 73.474 kendaraan. Secara rinci, lalin dari Jabotabek menuju Trans Jawa melalui GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek sebanyak 39.857 kendaraan yang meningkat 30,64 persen dari lalin normal.

Adapun, kendaraan yang menuju ke Bandung melalui GT Kalihurip Utama Jalan Tol Cipularang sebanyak  33.617 kendaraan, lebih rendah sebesar 3,14 persen dari lalin normal. Sementara yang menuju ke arah Trans Jawa dan Bandung melalui kedua GT tersebut adalah sebanyak 73.474 kendaraan, meningkat sebesar 12,66 persen dari lalin normal.

Kemudian, disusul ke arah Barat yakni Merak melalui GT Cikupa Jalan Tol Tangerang-Merak sebesar 32,5 persen atau 51.660 kendaraan. Sementara, ke arah Selatan atau Puncak Bogor melalui GT Ciawi Jalan Tol Jagorawi sebanyak 21,2 persen atau 33.701 kendaraan, lebih rendah 14,09 persen dari lalin normal. 

Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga, Lisye Octaviana, mengatakan pihaknya terus mengimbau masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik dan balik melalui jalan tol untuk memastikan kesiapan perjalanan.

Beberapa persiapan yang mesti dilakukan di antaranya memastikan kondisi pengemudi dan kendaraan dalam keadaan prima dan laik jalan, mempersiapkan perbekalan, memastikan kecukupan BBM dan saldo uang elektronik. 

Hindari perjalanan di waktu yang diprediksi menjadi puncak arus mudik dan arus balik serta hindari perjalanan di waktu favorit, seperti sehabis waktu sahur atau berbuka puasa. 

Patuhi rambu dan arahan petugas di lapangan serta selalu disiplin dalam ketentuan berkendara di jalan tol. Gunakan waktu dengan bijak dengan tidak berlama-lama di rest area dan selalu menerapkan protokol kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper