Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mudik Lebaran, Tiket Kereta Api Program Motis Dijual Rp10.000

DJKA Kemenhub menjual tiket kereta api yang awalnya untuk program Motis kepada masyarakat umum mulai dari Rp10.000.
Petugas  menaikkan sepeda motor peserta program angkutan sepeda motor gratis Kereta Api di stasiun logistik Kampung Bandan, Jakarta, Senin (11/6/2018)./JIBI-Felix Jody Kinarwan
Petugas menaikkan sepeda motor peserta program angkutan sepeda motor gratis Kereta Api di stasiun logistik Kampung Bandan, Jakarta, Senin (11/6/2018)./JIBI-Felix Jody Kinarwan

Bisnis.com, JAKARTA - Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengalihkan sebagian tiket yang sedianya dialokasikan untuk program Angkutan Motor Gratis (Motis) menjadi tiket untuk penumpang umum mudik Lebaran.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api DJKA Kementerian Perhubungan Djarot Tri Wardhono memaparkan, total kuota tiket penumpang yang disediakan oleh DJKA untuk program Motis 2023 adalah sebanyak 46.720 tiket penumpang. Sementara, kuota motor yang disediakan dalam program Motis mencapai 10.440 kuota motor.

Dia menjelaskan, hingga Kamis (13/4/2023), kuota tiket penumpang yang sudah terpakai untuk program Motis  mencapai 9.208 tiket dan kuota motor yang terpakai sudah mencapai 6.330. 

“Supaya kuota tiket penumpang Motis dapat seluruhnya dimanfaatkan oleh penumpang, kami memutuskan untuk menyediakan tiket yang tersisa agar dapat dijual oleh operator kepada masyarakat,” sebut Djarot dalam keterangan resminya, Jumat (14/4/2023).

Djarot mengatakan, tiket penumpang khusus program Motis ini dapat dibeli oleh masyarakat dengan harga yang sangat murah, mulai dari Rp10.000 hingga Rp20.000. 

Dia menambahkan tiket penumpang Motis merupakan tiket yang mendapat dukungan subsidi atau passenger service obligation (PSO) dari DJKA, sehingga dapat dibeli dengan harga yang sangat murah dan jauh dari harga tiket kereta api pada umumnya.

Agar dapat membeli tiket dengan harga murah tersebut, Djarot mengimbau masyarakat untuk mengecek aplikasi penjualan tiket yang disediakan oleh operator secara berkala. Sebab, tiket mudik atau balik tersebut baru akan tersedia di aplikasi pada tanggal yang sama dengan tanggal keberangkatan mulai pukul 00.00 WIB. 

Sementara untuk tiket contra flow akan tersedia di aplikasi pada H-1 dari tanggal keberangkatan mulai pukul 00.00 WIB.

Djarot memaparkan, pengalihan ini dilakukan mengingat besarnya antusiasme masyarakat yang masih mencari tiket kereta api untuk mudik.

“Saat ini tiket penumpang untuk program Motis sudah dapat diakses oleh masyarakat pada aplikasi penjualan tiket kereta api yang disediakan oleh operator dan akan terus kami update secara berkala menyesuaikan ketersediaan tiket yang masih tersisa,” tutur Djarot.

Di sisi lain, Djarot juga menegaskan bahwa tiket penumpang Motis yang dibuka untuk umum terbatas kepada lintas-lintas yang masih tersedia. Pihaknya berharap pengalihan tiket ini dapat mendorong masyarakat melakukan perjalanan mudik menggunakan kereta api dan mengurangi kemacetan di jalan raya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper