Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PUPR Tangani Longsor di Tol Cisumdawu Jelang Mudik Lebaran

Kementerian PUPR tengah menangani longsor di Tol Cisumdawu seksi 5 yang diduga akibat terjadi pergerakan tanah. 
Foto udara ruas Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) seksi 3 di daerah Cimalaka, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Jumat (22/4/2022). Bisnis/Rachman
Foto udara ruas Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) seksi 3 di daerah Cimalaka, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Jumat (22/4/2022). Bisnis/Rachman

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengungkap kendala teknis yang terjadi di Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) Seksi 5 yang rencananya bakal dibuka fungsional saat mudik Lebaran 2023.

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR, Hedy Rahadian, mengatakan saat ini PUPR tengah menangani 3 titik di seksi 5 ruas tol tersebut yang diduga terjadi pergerakan tanah. 

"Kita lagi tangani di 3 titik, di seksi 5 [Tol Cisumdawu], diusahakan secepat mungkin. Ada masalah teknis di sana, masalah tanah bergerak, kita lagi evaluasi dan lakukan tindakan," kata Hedy kepada wartawan di DPR, Selasa (4/4/2023).

Hedy memastikan pihaknya terus melakukan monitor atau pemantauan pergerakkan tanah di 3 titik tersebut untuk kemudian dapat dipastikan keamanannya. Dia belum dapat memastikan pemantauan di Seksi 5 Tol Cisumdawu dapat terselesaikan sebelum mudik lebaran

"Tergantung hasil pemantauan, apakah sudah melandai, berhenti atau masih bergerak. Kalau masih bergerak di beberapa titik kita lakukan tindakan, akan kita sampaikan kalau sudah confirmed bahwa itu semua sudah cukup melandai," ujarnya. 

Untuk diketahui, pemerintah berencana mengoperasikan Jalan Tol Cisumdawu seksi 4-6 segmen Cimalaka-Dawuan secara fungsional pada 15 April 2023 untuk menunjang periode mudik Lebaran tahun ini. 

Adapun, Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, mengatakan Tol Cisumdawu akan segera beroperasi secara resmi pada pertengahan tahun 2023 yang terbentang sepanjang 28,2 km. Lebih lanjut, Basuki menyerahkan kebijakan penggunaan Tol Cisumdawu kepada Korlantas Polri.

"Kalau itu ada 3 titik pergerakan longsor itu kita selesaikan dulu dengan membuka dua lajur, bukan 4. Sedang ditangani teknisnya, pasti selesai yang dua lajur itu [periode mudik lebaran]," ujar Basuki.

Di samping itu, Kementerian PUPR bakal membuka 11 ruas tol secara fungsional mencakup 8 ruas di Jawa dan 3 ruas di Sumatra. Hal ini dilakukan untuk memperlancar arus mudik lebaran 2023.

Berikut Daftar Ruas Tol Fungsional Mudik Lebaran 2023:

Dibuka 1 April 2023:

1. Tol Cibitung-Cilincing, Seksi 4: Taruma Jaya-Cilincing (7,3 km)

Dibuka 15 April 2023:

2. Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan Seksi (Cimalaka-Dawuan Seksi 4-6) (28,2 km)

3. Tol Ciawi-Sukabumi, Seksi 2: Cigombong-Cibadak (11,9 km) 

4. Tol Cimanggis-Cibitung, Seksi 2A: Jatikarya-Cikeas (3,5 km) 

5. Tol Pasuruan-Probolinggo, Seksi 4A: ProbolinggoTimur – IC Gending (8,6 km) 

6. Tol Solo - Yogyakarta Sebagian Seksi 1,1 Solo-Klaten (6,1 km) 

7. Tol Jakarta Cikampek II Selatan, Paket 3 SS Sadang - SS. Kutanegara (28,7 km)

8. Tol Sigli - Banda Aceh; Seksi 5 dan 6 Blang Bintang – Kutobaro – SS Baitussalam (12,7 km) 

9. Kuala Tanjung – Tebing Tinggi Segmen Tebing Tinggi - SS Inderapura (28,5 km) dan Segmen Dolok Merawan-Sinaksak (15,6 km)

10. Binjai - Langsa Seksi 2 Stabat - Jalan Proklamasi (7,2 km)

11. Sp. Indralaya - Muara Enim, Seksi Sp. Indralaya - Prabumulih (63,5 km)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper