Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Top 5 News Bisnisindonesia.id: Siasat Damai Putra Grup Hingga Uji Coba Motor PGN

Sektor properti memperlihatkan adanya pergerakan positif. Penggunaan bahan bakar gas menyasar sepeda motor hingga truk.
Kota Harapan Indah Bekasi/Istimewa
Kota Harapan Indah Bekasi/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Sepanjang tahun ini, sektor properti memperlihatkan adanya pergerakan positif. Hal itu juga didorong kondisi ekonomi yang mengalami pertumbuhan positif. Sementara itu, penggunaan bahan bakar gas (BBG) untuk kendaraan dalam bentuk Compressed Natural Gas (CNG), akan menyasar sepeda motor bahkan truk. 

Berita tentang prospek sektor properti yang dinilai cerah dan penggunaan bahan bakar gas untuk sepeda motor hingga truk disajikan bersama berita-berita lainya secara analitik dan lebih mendalam di Bisnisindonesia.id. 

Berikut lima berita pilihan yang disajikan dalam Top 5 News Bisnisindonesia.id edisi Sabtu (1/4/2023). 

Siasat Damai Putra Group Genjot Penjualan Rumah di Era Pemulihan

Meredanya pandemi Covid-19 menimbulkan optimisme terjadinya pemulihan sektor properti. Sepanjang tahun ini, pengembang Damai Putra Group menargetkan perolehan marketing sales atau prapenjualan mencapai Rp1,49 triliun. 

Hingga 30 Maret 2023, Damai Putra Group berhasil membukukan prapenjualan 70 persen dari target 3 bulan senilai Rp450 miliar. Adapun realisasi marketing sales sepanjang tahun lalu mencapai 85 persen dari target Rp1,45 triliun. 

Damai Putra Group adalah pengembang Kota Harapan Indah di Bekasi. Proyek lainnya di Jabodetabek adalah The Royal Residence, Green Ara, de’ Residence, Segara City, Harapan Mulya, Tera Damai dan Catha Rempoa. 

Di Yogyakarta, Damai Putra Group mengembangkan Casa Grande, Vasana dan Green Hills. Di Sidoarjo, perumahan yang dibangun adalah Delta Sari Indah, Delta Sari Baru, Grand Delta Sari dan Graha Tirta. 

Sepanjang tahun ini, sektor properti memperlihatkan adanya pergerakan positif. Hal itu juga didorong kondisi ekonomi yang mengalami pertumbuhan positif. 

Kasus SVB Picu Perbankan AS Dekati Perubahan Regulasi 

Runtuhnya Silicon Valley Bank memiliki dampak tidak sedikit bagi perbakan di Amerika Serikat. Bahkan, Presiden Joe Biden mengatakan respons pemerintahannya atas krisis perbankan di AS masih belum selesai. 

Sejumlah langkah disiapkan, yang paling baru Menteri Keuangan Janet Yellen mengisyarakat perlunya pengkajian ulang atas regulasi perbankan dan aturan pengawasannya. 

Kejatuhan Silicon Valley Bank (SVB) yang diikuti Signature Bank merontokkan kepercayaan deposan bahkan berdampak pada keyakinan investor di sektor perbankan. Harga saham yang tertekan ,akhirnya memunculkan kekhawatiran krisis keuangan yang parah. 

Sementara itu, para deposan dari sejumlah bank kecil dilaporkan sibuk memindahkan dana mereka ke sejumlah bank besar di AS. 

Atas gejolak di SVB dan Signature Bank, pemerintah AS memang bergerak relatif cepat, meski tetap dikritik masih kurang cepat mengatasi keadaan. 

Mengerem Outflow Devisa Wisata Lewat KEK Lido 

Top 5 News Bisnisindonesia.id: Siasat Damai Putra Grup Hingga Uji Coba Motor PGN

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Lido yang berlokasi di Desa Watesjaya, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (31/03/2023)./Setkab

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Lido yang berlokasi di Desa Watesjaya, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (31/03/2023). 

Selain menyedot investasi besar, (KEK) Lido ditargetkan menekan outflow devisa wisatawan nasional. KEK Lido adalah salah satu dari sederet kawasan ekonomi khusus pariwisata yang dibangun, di samping KEK Nongsa, KEK Likupang, dan KEK Singhasari. 

Ditetapkan melalui Peraturan Pemerintah Nomor 69 Tahun 2021, KEK Lido memiliki luas lebih kurang 1.040 hektare. Pengelola KEK Lido berkomitmen untuk merealisasikan investasi hingga US$2,4 miliar atau setara Rp32 triliun serta menyerap 29.545 tenaga kerja dalam kurun waktu 20 tahun. 

Beleid Nomor 69 Tahun 2021 tersebut mengarahkan KEK Lido sebagai kawasan dengan kegiatan utama pariwisata yang dioperasikan oleh PT MNC Land Tbk. yang telah berpengalaman dalam bidang industri kreatif, entertainment dan pariwisata.

  Pertumbuhan di Asia Timur dan Pasifik Kian Menjanjikan 

Pemulihan ekonomi Asia Timur dan Pasifik termasuk China pada tahun ini makin menjanjikan, berkebalikan dengan kawasan lainnya. Hal itu terlihat dari laporan Bank Dunia yang pada Jumat (31/3/2023) merilis laporan pertumbuhan di wilayah Asia Timur dan Pasifik. 

Pertumbuhan kawasan ini bakal makin terakselerasi menjadi 5,1 persen pada tahun 2023, berbeda dibandingkan pada tahun 2022, yakni sebesar 3,5 persen. 

Pembukaan kembali ekonomi China akan mendongkrak perekonomiannya menjadi 5,1 persen dari 3 per persen pada tahun lalu. Adapun pertumbuhan di luar China diperkirakan akan melambat menjadi 4,9 persen. 

Sayangnya, beberapa pasar raksasa seperti Indonesia, Filipina, dan Vietnam kemungkinan akan tumbuh lebih moderat pada tahun ini. Hal itu berbeda dengan negara-negara pulau yang bakal tumbuh pesat tahun ini. 

Hambatan akibat perlambatan ekonomi global, kenaikan harga komoditas, dan kondisi keuangan yang ketat karena inflasi yang persisten masih membayangi.

  PGN Uji Coba Motor Berbahan Bakar Gas, 300 Unit Siap Mengaspal 

Pemanfaatan gas bumi di sektor transportasi terus digencarkan untuk mengurangi ketergantungan Indonesia terhadap bahan bakar minyak (BBM), demi mewujudkan komitmen penurunan emisi karbon sekaligus menciptakan kualitas udara yang lebih bersih dan sehat. 

Tak hanya untuk kendaraan umum seperti bajaj, taksi, kendaraan penumpang, serta Trans Semarang dan Trans Jakarta, penggunaan bahan bakar gas (BBG) untuk kendaraan dalam bentuk Compressed Natural Gas (CNG), juga akan menyasar sepeda motor bahkan truk. 

Gas bumi menjadi salah satu alternatif energi utama yang bisa diandalkan dalam mendukung percepatan transisi energi. Selain potensinya di Indonesia yang terbilang besar, gas bumi sebagai bahan bakar juga lebih bersih dibandingkan batu bara maupun minyak bumi. 

Top 5 News Bisnisindonesia.id: Siasat Damai Putra Grup Hingga Uji Coba Motor PGN

Subholding Gas Pertamina, PT PGN Tbk. bersama anak perusahaan PT Gagas Energi Indonesia telah melaksanakan uji coba penggunaan CNG pada tiga unit sepeda motor matic, dengan masing-masing menggunakan BBG sebanyak 2,5 liter setara premium (lsp). 

Dari hasil uji coba, jarak terjauh yang berhasil dicapai salah satu motor vespa adalah 104 kilometer (km) dengan penggunaan 2,5 lsp. Dengan begitu per lsp diperhitungkan dapat menempuh jarak sekitar 41,6 km. 

Pada sepeda motor matic, dengan jumlah BBG yang sama yakni 2,5 lsp mampu menempuh jarak 93,7 km atau sekitar 37,5 km per lsp. Sementara itu, satu motor vespa lainnya menempuh jarak 91 km atau 37 km per lsp. Dari ketiga kendaraan tersebut, rata-rata jarak tempuh yang dapat diraih sebesar 38,7 km/lsp.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Saeno
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper