Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Top 5 News Bisnisindonesia.id: Bisnis Hotel, Piala Dunia, Hingga Ford Gunakan Nikel RI

Ulasan tentang berkah lebaran tahun ini terhadap okupansi hotel di Tanah Air menjadi salah satu pilihan Bisnisindonesia.id, Jumat (31/3/2023).
Ilustrasi Hotel di Bali - Freepik.
Ilustrasi Hotel di Bali - Freepik.

Bisnis.com, JAKARTA — Momen Lebaran tahun ini menjadi berkah tersendiri bagi para pemilik hotel setelah 3 tahun pandemi Covid-19 melanda Tanah Air. Tidak adanya pembatasan perjalanan dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) diyakini berpengaruh terhadap tingginya pergerakan pemudik yang turut menambah tingkat keterisian hunian atau okupansi hotel.

Terlebih, Presiden Joko Widodo memutuskan untuk menambah jumlah hari cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 2023 sebanyak 2 hari. Sebelumnya, Surat Keputusan Bersama (SKB) menetapkan cuti bersama Lebaran 2023 sepanjang enam hari (21—26 April 2023). 

Namun, kini cuti libur lebaran dimajukan mulai dari 19 April. Dimajukannya cuti libur Lebaran ini tentu akan berdampak pada makin meningkatnya pergerakan pemudik.

Ulasan tentang berkah lebaran tahun ini terhadap okupansi hotel di Tanah Air menjadi salah satu pilihan Bisnisindonesia.id, selain beragam kabar ekonomi dan bisnis yang dikemas secara mendalam dan analitik tersaji dari meja redaksi Bisnisindonesia.id.

Berikut intisari dari top 5 News Bisnisindonesia.id yang menjadi pilihan editor, Jumat (31/3/2023):

 

Adu Siasat Leasing Bidik Pembiayaan Baru di Momentum Ramadan

Sejumah perusahaan multifinance atau leasing berstrategi membidik pembiayaan baru seiring dengan momentum Ramadan yang disinyalir membuat kebutuhan masyarakat makin meningkat.

Belum lagi, perusahaan leasing juga optimistis berkaca dari kinerja perusahaan pembiayaan yang mengalami pertumbuhan. Merujuk pada data Statistik Lembaga Pembiayaan edisi Januari 2023 yang dipublikasikan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 1 Maret, laba bersih perusahaaan pembiayaan tumbuh 52,05 persen secara tahunan (year-on-year/YoY).

Adapun, laba perusahaan leasing terdongkrak dari Rp1,14 triliun pada Januari 2022 menjadi Rp1,73 triliun pada Januari 2023. Jika diperinci, kenaikan laba diperusahaan pembiayaan lantaran disokong oleh pendapatan yang mengalami pertumbuhan hingga 5,09 persen (YoY) menjadi Rp10,48 triliun, yang sebeumnya hanya mencapai Rp9,97 triliun.

Tercatat, hampir setiap pos pendapatan mengalami pertumbuhan, salah satunya adalah pos pembiayaan investasi dan pos pembiayaan modal kerja yang tumbuh dua digit. Untuk pos pembiayaan investasi misalnya, tumbuh 24,87 persen YoY menjadi Rp1,92 triliun pada Januari 2023, naik dari periode yang sama tahun sebelumnya bernilai Rp1,54 triliun.

Selain itu, pos pembiayaan modal kerja juga tumbuh menjadi Rp637 miliar pada awal 2023, atau merangkak naik 44,20 persen YoY dari Rp442 miliar pada Januari 2022.

 

Bisnis Perhotelan Dulang Berkah Momentum Lebaran Usai Pandemi

Badan Kebijakan Transportasi Kementerian Perhubungan memprediksi momen mudik Lebaran tahun ini diproyeksikan akan ada potensi pergerakan sebesar 45,8 persen atau sekitar 123,8 juta dari jumlah penduduk Indonesia.

Berdasarkan hasil survei sebanyak 9,2 juta orang 33,35 persen memilih mudik melintasi jalan tol Trans Jawa. Kemudian, sebanyak 5,63 persen atau 1,5 juta memilih mudik melintasi pantai jalur utara (pantura) Jawa, dan sebanyak 1,4 juta orang atau 5,04 persen memilih jalur pantai selatan (pansela) Jawa.

Sekretaris Jenderal Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Maulana Yusran meyakini  tingkat keterisian kamar hotel pada momen Lebaran tahun ini bakal lebih tinggi dibandingkan tahun sebelumnya. Selain didukung oleh tradisi mudik ketika libur lebaran, saat ini sudah tidak ada lagi kebijakan PPKM di Indonesia.

Apabila berkaca pada tahun-tahun sebelumnya, peningkatan okupansi hotel yang masif saat Lebaran biasanya terjadi di Pulau Jawa dan Sumatra. Namun, Bali juga kerap menjadi destinasi favorit wisatawan yang pergi melalui perjalanan darat lantaran ada Tol Trans Jawa yang memudahkan perjalanan ke Pulau Dewata. 

 

Geliat Pajak Korporasi Topang Ekonomi

Penerimaan negara kian terakselerasi oleh penerimaan pajak korporasi yang didukung oleh kenaikan jumlah wajib pajak, menandakan kondisi perekonomian yang lebih baik.

Capaian penerimaan pajak dari korporasi terbilang ciamik seiring dengan adanya peningkatan jumlah perusahaan yang masuk dalam kategori dikenakan PPh badan menjadi 1,92 juta wajib pajak (WP) badan dari 1,65 juta WP badan pada 2021. Angka itu juga sudah melebihi level pra-pandemi.

Peningkatan jumlah perusahaan pembayar pajak penghasilan (PPh) badan ini mencerminkan kondisi ekonomi yang lebih baik pada tahun ini. Oleh karena itu, capaian positif ini diyakini menjadi katalis positif untuk pencapaian target pajak korporasi tahun ini yang dipatok senilai Rp349,93 triliun.

Dalam catatan APBN Kita Maret 2023 pada 2 pekan lalu, penerimaan PPh badan meningkat 33,8 persen dalam 2 bulan pertama tahun ini. Pertumbuhan ditopang dari setoran masa, terutama dari sektor jasa keuangan dan asuransi.

Kendati demikian, ekonom masih mempertanyakan tren peningkatan jumlah WP baik pribadi maupun badan yang diikuti dengan rasio pajak yang malah melandai. Adanya moderasi harga komoditas terutama pada komoditas utama, diakui telah menyusutkan penerimaan pajak ekspor.

 

Piala Dunia U-20 Batal, Pemegang Lisensi Merchandise & UMKM Rugi

FIFA resmi mencabut status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20. Dibatalkannya salah satu hajat internasional yang dinanti-nantikan masyarakat Indonesia ini tentu juga memberikan kerugian bagi pengusaha yang ditunjuk, dalam hal ini PT Juara Raga Adidaya (Juaraga) dan UMKM sebagai mitra perusahaan tersebut. 

Pasalnya, perusahaan yang ditunjuk tersebut sudah mulai memproduksi merchandise untuk menyambut Piala Dunia U-20 di Indonesia. 

Asosiasi UMKM pun berharap diberikan solusi, salah satunya untuk mengatasi dampak kerugian baik materi maupun nonmateri imbas dibatalkannya Piala Dunia U-20 di Indonesia.

Sementara itu, PT Juara Raga Adidaya (Juaraga) sebagai pemegang lisensi merchandise resmi untuk perhelatan Piala Dunia U-20 berduka imbas dibatalkannya Indonesia sebagai tuan rumah turnamen internasional ini.

CEO Juaraga Mochtar Sarman menyampaikan, pihaknya sudah menerima keputusan FIFA terkait pembatalan penyelenggaraan Piala Dunia U-20 di Indonesia.

Dia mengungkapkan, pihaknya merasakan dampak besar dari pembatalan ini, apalagi mereka sudah berkomitmen untuk menghasilkan merchandise berkualitas tinggi dan menarik untuk perhelatan sepakbola ini.

Tak hanya itu, mereka juga merasa sedih lantaran tidak dapat memberikan pengalaman merchandise yang diharapkan para penggemar. Selain perusahaannya, pembatalan ini juga berdampak terhadap UMKM yang telah menjalin kerja sama dengan Juaraga, dalam hal ini produsen, penyedia bahan baku, dan pelaku usaha kecil. 

 

Ford Motor Gunakan Nikel Indonesia untuk Bahan Baterai EV

Ford Motor Co., pabrikan mobil terbesar kedua Amerika Serikat, mengincar nikel produksi Indonesia untuk pembuatan baterai kendaraan listriknya, menyusul penyertaan modal di Proyek High Pressure Acid Leaching (HPAL) Blok Pomalaa, Sulawesi.

Langkah Ford Motor dilakukan melalui kerja sama dengan PT Vale Indonesia Tbk. dan Zhejiang Huayou Cobalt Co. (China) tiga pihak untuk memajukan produksi nikel yang lebih berkelanjutan di Indonesia dan membantu membuat baterai kendaraan listrik lebih terjangkau.

Teknologi manufaktur di Rouge Electric Vehicle Center sama inovatifnya dengan F-150 Lightning. Ini adalah pabrik Ford pertama tanpa jalur konveyor di lantai tradisional dan sebagai gantinya menggunakan Robotic Autonomous Guided Vehicles untuk memindahkan truk F-150 Lightning dari stasiun kerja ke stasiun di pabrik. - Foto Ford Motor

Melalui kesepakatan definitif yang dirayakan dalam upacara yang menghadirkan Presiden Indonesia Joko Widodo, Kamis (30/3/2023), ketiga perusahaan tersebut sepakat melakukan penyertaan modal di Proyek High Pressure Acid Leaching (HPAL) Blok Pomalaa.

Proyek HPAL Blok Pomalaa akan mengolah bijih yang disediakan oleh PT Vale Indonesia dari tambang Blok Pomalaa untuk menghasilkan PLTMH. Pabrik HPAL ini akan beroperasi di bawah naungan PT Kolaka Nickel Indonesia di kawasan industri nikel Blok Pomalaa di Kolaka, Sulawesi Tenggara. 

Tunduk pada persetujuan peraturan, proyek tersebut dapat memproduksi hingga 120 kiloton nikel per tahun dalam bentuk endapan hidroksida campuran (MHP), produk nikel berbiaya rendah yang digunakan dalam baterai EV dengan katoda kaya nikel.

Persiapan lokasi awal Proyek HPAL Blok Pomalaa telah dimulai, dan konstruksi penuh diharapkan dapat dimulai tahun ini, dengan operasi komersial dimulai pada 2026. Kolaborasi ini akan mengirimkan bahan-bahan penting untuk peralihan industri otomotif ke EV, meningkatkan industri manufaktur EV Indonesia, dan mendukung Ford Motor, yang menargetkan produksi 2 juta EV pada akhir 2026 dan skala lebih lanjut dari waktu ke waktu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nurbaiti
Editor : Nurbaiti
Sumber : Bisnisindonesia.id
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper