Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

ASDP: 213 Kapal Penyeberangan Siap Layani Mudik Lebaran 2023

PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) menyebut ada 213 kapal penyeberangan siap beroperasi untuk mudik Lebaran 2023.
Kapal feri penyeberangan ASDP./ Dok. ASDP
Kapal feri penyeberangan ASDP./ Dok. ASDP

Bisnis.com, JAKARTA - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) menyebut ada 213 kapal yang siap beroperasi untuk angkutan penyeberangan dalam periode mudik Lebaran 2023.

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin mengatakan sekitar 123 juta pemudik diprediksikan akan melakukan perjalanan pada tahun ini, termasuk pengguna jasa penyeberangan. Pada layanan Angkutan Lebaran tahun ini ASDP siap melayani pemudik khususnya di delapan lintasan terpantau nasional yang berada di bawah koordinasi 9 kantor Cabang.

"Kapal siap operasi sebanyak 213 unit di antaranya 50 unit kapal ASDP, 160 unit kapal reguler non ASDP, dan 1 unit kapal Pelni," katanya dalam siaran pers, Sabtu (25/3/2023).

Dia menuturkan ASDP juga menyiapkan alat produksi pada 8 lintasan terpantau sebanyak 51 dermaga, antara lain 42 dermaga ASDP, 2 dermaga UPT, dan 7 dermaga Pelindo.

Adapun, lintasan paling favorit adalah Bakauheni-Merak dan Ketapang-Gilimanuk. Ada juga Padangbai-Lembar, Kayangan-Pototano, Panajam - Kariangau, Tanjung Api-api - Tanjung Kelian, Bajoe - Kolaka, Ajibata-Ambarita.

Pemerintah, lanjutnya, menyiapkan lintasan tambahan yakni Ciwandan-Bakauheni, dan Ciwandan - Panjang. Dua tambahan pelabuhan yang akan dioperasikan dalam mendukung kelancaran Angkutan Lebaran 2023.

Shelvy menginformasikan kepada pemudik bahwa sudah tidak ada lagi penjualan tiket di pelabuhan. Pengguna jasa bisa melakukan pembelian tiket via Aplikasi Ferizy khususnya di lintas Merak-Bakauheni, dan Ketapang-Gilimanuk.

Dia menambahkan tiket juga sudah mulai dipesan sejak H-60 keberangkatan. Kemudian, calon penumpang wajib memiliki tiket H-1 dari tanggal keberangkatan.

Jika pemesanan reservasi tiket Ferizy pada mudik tahun lalu masih di bawah 5 persen pada periode H-28, maka pada tahun ini naik 10 persen dan terus meningkat.

"Alhamdullilah, masyarakat makin teredukasi, untuk mempersiapkan perjalanan lebih awal, sehingga lebih tertib, lancar, dan nyaman, khususnya di saat puncak arus baik mudik maupun balik," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper