Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Antisipasi Pemudik Motor, ASDP Andalkan Pelabuhan Ciwandan

ASDP Indonesia Ferry menyiapkan Pelabuhan Ciwandan untuk pemudik motor saat mudik Lebaran 2023.
Ilustrasi kapal feri ASDP. / Dok. ASDP
Ilustrasi kapal feri ASDP. / Dok. ASDP

Bisnis.com, BANDAR LAMPUNG - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) akan mempersiapkan berbagai fasilitas pendukung berupa area yang ramah bagi keluarga di Pelabuhan Ciwandan, Banten saat mudik lebaran 2023.

Hal tersebut dilakukan seiring dengan dipergunakannya pelabuhan ini untuk pemudik pengguna sepeda motor selama momen tersebut.

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry, Shelvy Arifin mengatakan, hal ini dilakukan untuk kenyamanan pengguna jasa perusahaan ASDP agar bisa beristirahat sebelum ataupun sesudah melakukan penyeberangan.

Meskipun pelabuhan Ciwandan bukan pelabuhan yang berada di tangan ASDP, melainkan pelabuhan milik Pelindo.

"Kami akan mempersiapkan ada tenda-tenda, dimana memang area tempat menunggu itu bener-bener family friendly lah, ada toilet, ada fasilitas pendukung lainnya," kata Sherly, Kamis (16/3/2023).

Menurut Sherly, pemudik pengguna motor cenderung akan melakukan perjalanan bersama dengan keluarga, termasuk anak-anak.

Dengan demikian, pihaknya juga berencana menyediakan area tempat bermain anak agar bisa dipergunakan sebagai area tunggu dan area istirahat yang nyaman untuk pemudik yang membawa serta anak-anaknya.

"Kemarin kita rencanakan juga ada playground, karena pemudik tuh biasanya yang naik motor biasanya sekeluarga, bawa anak, jadi ketika mereka menunggu ada tempat untuk beristirahat," tambah Sherly.

Berdasarkan catatan Bisnis.com, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyiapkan Pelabuhan Ciwandan, Banten sebagai pelabuhan penyeberangan untuk pemudik moda sepeda motor untuk mencegah kepadatan lalu lintas pada masa mudik Lebaran 2023.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Hendro Sugiatno mengatakan Pelabuhan Ciwandan digunakan untuk mengantisipasi kenaikan jumlah pemudik pada 2023. Lonjakan pemudik ini diprediksi terjadi seiring pencabutan kebijakan PPKM yang akan meningkatkan mobilitas dan minat masyarakat untuk mudik.

Hendro mengatakan, pemudik dengan moda transportasi sepeda motor nantinya akan diarahkan menuju Pelabuhan Ciwandan. Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan pengguna sepeda motor selama masa mudik Lebaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Widya Islamiati
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper