Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pengembang RI, Jepang dan Malaysia Kolaborasi Bangun Rumah Tapak Murah di Bekasi

Mustika Land Group bersama Scientex Berhad asal Malaysia dan Creed Group dari Jepang bakal membangun komplek rumah tapak di Bekasi.
Rumah Tapak. /Bisnis.com
Rumah Tapak. /Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Kawasan Bekasi bakal kehadiran proyek perumahan tapak baru yang diusung oleh pengembang real estat RI, Mustika Land Group bersama Scientex Berhad yang merupakan pengembang asal Malaysia dan Creed Group, perusahaan investasi real estat Jepang.

CEO Mustika Land David Sudjana menerangkan tahap pertama pembangunan Mustika Garden Tamansari ini akan dikerjakan pada lahan seluas 5 hektare di Bekasi, Indonesia dalam waktu 3-4 tahun.

"Estimasi Gross Development Value untuk kerjasama tahap pertama ini sebesar Rp250 miliar," kata David, dikutip Rabu (22/3/2023).

Adapun, perumahan segmen konsumen yang dibidik yaitu kelas menengah, khususnya keluarga muda sehingga harga yang ditawarkan pun akan terjangkau dengan penawaran harga mulai dari Rp500 juta hingga Rp1 miliar.

Perumahan Mustika Garden Tamansari berlokasi di Desa Tamansari, Bekasi. Proyek ini dikembangkan di atas lahan seluas 20 hektar yang nantinya juga akan dilengkapi dengan beragam fasilitas bagi para penghuni, termasuk area komersial berupa ruko.

Lokasi perumahan cukup strategis yakni hanya berjarak 8 menit dari dan menuju Gerbang Tol Setu Selatan dari ruas Jalan Tol Cimanggis – Cibitung.

"Proyek ini juga dikelilingi oleh beragam fasilitas, seperti sekolah, rumah sakit, pasar dan pusat belanja yang sudah ada," terangnya.

Dengan desain konsep smart project, active living, dan fasilitas yang eco friendly, menjadikan perumahan ini pilihan yang sangat menarik bagi keluarga muda pada harga yang sangat terjangkau. Adapun, cicilan KPR dimulai dari Rp4 jutaan.

Selain hunian, Perumahan Mustika Garden Tamansari juga bakal dilengkapi dengan area komersial (ruko) sebanyak 24 unit yang bakal dijual dengan harga di bawah Rp1 miliar.

“Harga resmi akan segera kami rilis, tetapi yang jelas masih di bawah Rp1 miliar,” ujarnya.

David menjelaskan, ketiga perusahaan memiliki tujuan yang sama yakni untuk menyediakan perumahan yang terjangkau bagi pasar Indonesia dan Asia Tenggara.

Untuk itu, perlu kolaborasi pengetahuan dan keahlian pasar lokal dari Mustika Land, pengembangan properti dan teknologi konstruksi dari Scientex Berhad dan keahlian investasi dan branding real estat dari Creed Group.

"Melalui kerjasama ini, kami bertujuan untuk mengembangkan perumahan berkualitas tinggi dan terjangkau yang memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia dan menciptakan nilai yang signifikan bagi konsumen dan stakeholder kami di Bekasi, Indonesia," ujarnya.

Dia menerangkan, Creed Group melihat Indonesia mengalami pertumbuhan penduduk dan urbanisasi yang cepat. Namun, pasokan tidak dapat mengikuti permintaan perumahan, dan harga perumahan melonjak tinggi, sehingga kebutuhan perumahan tidak terpenuhi secara optimal.

Melihat kondisi tersebut, Creed Group menilai pentinya menyediakan perumahan yang terjangkau dapat membantu memenuhi permintaan dan menjaga harga perumahan tetap terjangkau.

Pemerintah Indonesia juga memberikan dukungan yang kuat dalam pengembangan perumahan yang terjangkau, dan terdapat potensi permintaan perumahan yang besar di Indonesia yang ingin dimanfaatkan oleh para mitra.

Di sisi lain, Scientex Berhad menilai Bekasi kawasan yang tepat untuk menggencarkan hunian murah karena populasi dan permintaan yang tinggi.

Scientex akan membawah pengalaman dan teknologi dari Malaysia dengan harapan dapat mengaplikasikan hunian terjangkau namun berkualitas di Indonesia, sehingga akan menjadi impian masyarakat menengah di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper