Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pelita Air Buka Rute Jakarta-Balikapan, Cek Jadwalnya!

Maskapai penerbangan Pelita Air resmi membuka rute domestik Jakarta-Balikpapan. Berikut jadwalnya:
Pesawat Pelita Air bersiap lepas landas./ Dok. Istimewa
Pesawat Pelita Air bersiap lepas landas./ Dok. Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Maskapai penerbangan Pelita Air resmi membuka rute domestik Jakarta-Balikpapan. Rute ini akan terbang dari Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta ke Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan. 

Direktur Utama PT Pelita Air Service Dendy Kurniawan mengatakan, penerbangan rute Jakarta-Balikpapan akan menggunakan pesawat jenis Airbus A320-200 dengan kapasitas 180 kursi kelas ekonomi atau Silver Class.

Pelita Air mengoperasikan layanan penerbangan rute ini setiap hari dengan jadwal keberangkatan Jakarta-Balikpapan pukul 06.30 WIB dan tiba pukul 09.40 WITA, Balikpapan-Jakarta 10.25 WITA dan tiba 11.35 WIB dalam frekuensi satu kali per hari penerbangan. 

"Rute ini merupakan rute penerbangan berjadwal atau reguler ke-4 Pelita Air setelah sebelumnya membuka rute penerbangan dari Jakarta menuju Bali, Yogyakarta, serta Surabaya dan arah sebaliknya," jelas Dendy dikutip dari keterangan resminya, Selasa (21/3/2023).

Dendy menyampaikan, penerbangan perdana ke Balikpapan tersebut memiliki load factor yang hampir mencapai 100 persen. Hal ini menunjukkan bahwa animo besar masyarakat terhadap penerbangan dan rute-rute baru Pelita Air 

Pembukaan rute baru ke Balikpapan diharapkan juga menjawab kebutuhan Pertamina Group dalam menyediakan moda transportasi udara bagi kegiatan usaha Pertamina Group yang berada di Balikpapan dan sekitarnya. Penerbangan ini juga diharapkan menjawab kebutuhan masyarakat yang mulai meningkatkan aktivitasnya ke Balikpapan terkait dengan rencana pemerintah untuk mewujudkan Ibu Kota Negara (IKN).

Meskipun belum genap setahun sejak peluncuran penerbangan berjadwal perdana pada 28 April 2022, Dendy melihat respons masyarakat terhadap Pelita Air sangat positif. Hal tersebut terlihat dari load factor penerbangan-penerbangan Pelita Air yang optimal. 

"Ke depannya tentunya Pelita Air akan terus menambah destinasi-destinasi baru untuk mendukung konektivitas udara nasional dengan pelayanan yang terbaik, tetapi tetap dengan harga yang terjangkau," katanya. 

Sementara itu, SVP Upstream & Portfolio Co. Business Development & Portfolio PT Pertamina (Persero) Edy Karyanto menyampaikan, penerbangan perdana tersebut merupakan pencapaian yang bagus dan merupakan bentuk wujud nyata dari kontribusi Pelita Air bagi masyarakat Indonesia dalam meningkatkan konektivitas udara.

Ke depannya, PT Pertamina sebagai holding dari Pelita Air akan terus memberikan dukungannya terhadap rencana pengembangan Pelita Air untuk terus memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat Indonesia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper