Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Astra Jamin Kesiapan Tol Tangerang-Merak Hadapi Arus Mudik Lebaran

Astra memulai pekerjaan konstruksi pelebaran lajur ke-3 di Tol Tangerang-Merak menjelang arus mudik Lebaran 2023.
Antrian di gerbang Tol Tangerang-Merak/Istimewa
Antrian di gerbang Tol Tangerang-Merak/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Astra memastikan kesiapan Jalan Tol Tangerang-Merak dalam menghadapi arus mudik dan arus balik lebaran tahun ini.

Presiden Direktur Astra Tol Tangerang-Merak, Kris Ade Sudiyono, mengatakan saat ini Astra Tol telah memulai pekerjaan konstruksi pelebaran lajur ke-3 pada ruas Cikande-Serang Timur yang saat ini progresnya mencapai 90,7 persen.

Percepatan proyek konstruksi ini dilakukan dalam rangka mempersiapkan momen mudik lebaran agar para pengguna jalan dapat merasakan kenyamanan dan keamanan saat pulang ke kampung halaman.

"Selain konstruksi pelebaran lajur ke-3 pada ruas Cikande–Serang Timur, Astra Tol Tangerang-Merak pun berupaya melakukan penutupan lubang di titik dominan secara intensif," kata Kris dalam keterangan resmi pada Rabu (8/3/2023).

Adapun pada Senin (6/3) lalu, dalam rangka peninjauan sekaligus meeting koordinasi terkait kesiapan Lebaran 2023, yang dihadiri oleh Kepala Korps Lalu Lintas Polri, Direktur Preservasi Jalan Kementerian PUPR RI, Kepala BPJT Kementerian PUPR RI, Direktur Lalu Lintas Kementerian Perhubungan RI, Direktur Keamanan dan Keselamatan Korlantas Polri, Direktur Utama PT Jasa Raharja.

Dalam hal ini Astra Tol Tangerang-Merak menyambut baik serta siap mendukung rencana pemerintah dalam mengantisipasi kepadatan pada saat arus mudik lebaran 2023. 

Pada kesempatan tersebut tinjauan difokuskan pada beberapa titik di ruas Tol Tangerang-Merak yaitu diantaranya adalah Rest Area KM 43 A, Rest Area KM 68 A yang akan digunakan untuk sebagai area rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi kepadatan di Pelabuhan Merak.

Setelah itu dilanjutkan dengan tinjauan ke area KM 97 A yang akan dijadikan buffer zone atau kantong parkir tambahan dengan melakukan upaya land clearing dan perkerasan sementara.

Dalam rangka program persiapan lebaran 2023, Astra Tol juga turut mendukung ASDP sebagai pengelola pelabuhan dalam hal pengaturan kendaraan yang akan menuju ke pelabuhan Merak diantaranya dengan mengalihfungsikan gerbang tol Balaraja Timur lama yang sudah tidak dioperasikan tepatnya di KM 36 sebagai area Parking Bay. 

"Selain itu kami pun menyiapkan perluasan lahan di Rest Area KM 43 arah Merak yang harapannya dapat menampung volume kendaraan yang lebih banyak” jelasnya

Kris juga berharap pihak ASDP untuk turut dapat memastikan kelancaran proses ticketing dan manifest calon pemudik yang akan menyeberang dari Pelabuhan Merak ke Sumatra.

“Prediksi peningkatan arus mudik lebaran 2023 ini mendorong kami untuk mengoptimalkan fasilitas serta layanan bagi para pengguna jalan. Land Clearing dan perkerasan sementara pun akan diupayakan untuk penyediaan buffer zone di KM 97 arah Merak," jelasnya.

Diharapkan dengan adanya pekerjaan project pelebaran, perluasan Rest Area, penambahan parking bay, dan pembuatan buffer zone ini dapat meningkatkan kapasitas jalan yang aman dan nyaman saat arus mudik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper