Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jelang Tarif Naik, Jasa Marga Tingkatkan Kualitas Jalan Tol BORR

Jasa Marga meningkatkan kualitas jalan tol untuk memenuhi SPM menjelang kenaikan tarif pada ruas Tol Bogor Outer Ring Road (BORR).
Jalan Tol Bogor Outer Ring Road (BORR) - Dok.BPJT.
Jalan Tol Bogor Outer Ring Road (BORR) - Dok.BPJT.

Bisnis.com, JAKARTA - PT Jasa Marga (Persero) Tbk. melalui PT Marga Sarana Jabar tengah meningkatkan standar pelayanan minimum (SPM) pada ruas Tol Bogor Outer Ring Road (BORR) menjelang penyesuaian tarif.

Berdasarkan keterangan pada laman resmi BPJT, Senin (6/3/2023), PT Marga Sarana Jabar telah melakukan beberapa pekerjaan terkait peningkatan kualitas jalan dan beautifikasi sebagai upaya pemenuhan SPM. Pekerjaan peningkatan kualitas jalan tol dan beautifikasi ini dimulai sejak Juni 2022 dan telah diselesaikan pada Februari 2023.

Marga Sarana Jabar telah melakukan pengecatan marka jalan seluas 478 m2, pemasangan guard rail baru sepanjang 6,27 km, pengecatan median concrete barrier di sepanjang Jalan Tol BORR seluas 1.840 m2.

Di samping itu pengerjaan dilakukan dengan pembersihan dan pengecatan parapet di sepanjang Jalan Tol BORR seluas 41.042 m2, Pemeliharaan panel PJU dan kabel instalasi, untuk menjaga agar panel PJU tetap berfungsi baik, penghijauan dengan penanaman tanaman Perdu di KM 0+000 seluas 150 m2.

Selain itu, Marga Sarana Jabar memastikan kelancaran transaksi baik di gerbang tol dengan menyediakan mobile reader serta memastikan kelancaran lalulintas di lajur dengan menyiagakan kendaraan operasional berupa Mobile Customer Service, Patroli Jalan Raya (PJR), kendaraan rescue, derek dan ambulance.

Marga Sarana Jabar juga secara rutin melakukan pemeliharaan jalan dengan scrapping filling dan overlay serta menyediakan tim sapu lubang yang bertugas untuk melakukan penutupan lubang, untuk memastikan keselamatan pengguna jalan.

Program peningkatan kualitas jalan dan senantiasa menjaga kelancaran lalu lintas ini, selain dilakukan untuk memberikan kenyamanan berkendara, juga diharapkan dapat mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas sehingga dapat menekan angka kecelakaan. Selama 2022 tercatat terjadi penurunan tingkat kecelakaan 26,3 persen dibandingkan dengan 2021.

Diberitakan sebelumnya, Jalan Tol Bogor Ring Road termasuk salah satu ruas yang akan mengalami penyesuaian tarif.

Sekretaris Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, Triono Junoasmono, mengatakan ada 4 ruas yang tengah menanti penetapan tarif baru di antaranya adalah Jalan Tol SS Waru-Bandara Juanda, Jalan Tol Bogor Ring Road, Jalan Tol Depok-Antasari dan Jalan Tol Kunciran-Serpong.

"Untuk jalan tol yang lain sedang dalam tahap evaluasi dan penetapan waktu penyesuaian tarifnya berdasarkan keputusan Menteri PUPR," kata Triono dikutip Senin (6/3/2023).

Di samping itu, para badan usaha jalan tol tengah mengurus sebagian ruas jalan tol yang dikelolanya untuk penetapan tarif baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Ridwan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper