Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BI Luncurkan Term Deposit Valas DHE, Ini Daftar Insentif untuk Eksportir dan Perbankan

Instrumen term deposit valas DHE memfasilitasi penempatan DHE oleh eksportir di BI melalui bank yang ditunjuk.
Ekspor - freepik
Ekspor - freepik

Bisnis.com, JAKARTA – Bank Indonesia (BI) resmi meluncurkan instrumen operasi moneter Term Deposit Valuta Asing Devisa Hasil Ekspor (DHE) yang telah berlaku efektif pada 1 Maret 2023. 

Direktur Departemen Komunikasi BI Fadjar Majardi menyampaikan bahwa instrumen term deposit valas DHE tersebut untuk memfasilitasi penempatan DHE oleh eksportir di BI melalui bank yang ditunjuk.

Implementasi instrumen tersebut sesuai dengan mekanisme pasar. Dia menjelaskan, instrumen ini bertujuan mendorong serapan DHE guna mendukung stabilitas nilai tukar rupiah dan memperkuat perekonomian domestik.

“Eksportir dapat menempatkan dana dari rekening khusus  DHE melalui appointed bank kepada BI,” katanya dalam keterangan resmi, Kamis (2/3/2023).

Untuk tahap awal, per 1 Maret 2023, Fadjar mengatakan terdapat 20 appointed bank yang dapat menempatkan dana nasabah eksportir DHE melalui term deposit valas DHE di Bank Indonesia. 

Penempatan pada instrumen ini memberikan beberapa kelebihan. Pertama, suku bunga valas yang kompetitif memperhatikan tiering nominal dan tenor.

Kedua, pengecualian dana dari komponen dana pihak ketiga (DPK) untuk perhitungan giro wajib minimum (GWM) dan rasio intermediasi makroprudensial (RIM). 

Ketiga, perbankan akan mendapatkan agent fee/spread dengan memperhatikan tenor term deposit valas DHE.

Fadjar menambahkan, kebijakan tersebut telah diatur dalam Peraturan BI (PBI) No. 24/18/PBI/2022 tentang Perubahan Kedua atas PBI No. 21/14/PBI/2019 tentang Devisa Hasil Ekspor dan Devisa Pembayaran Impor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Maria Elena
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper