Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Proyek Proving Ground Raih Pinjaman Jepang Rp882 Miliar

Proyek pembangunan fasilitas uji kelayakan kendaraan (proving ground) mendapapatkan pinjaman dari Jepang sebesar Rp882 miliar.
(Dari kanan ke kiri) Wakil Ketua DPR-RI Korinbang Rachmat Gobel, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Direktur Utama PT IIAPG Hiramsyah S. Thaib, Executive Managing Director JBIC Hashiyama Shigeto, dan Governor JBIC , usai penandatanganan  Loan Agreement untuk proyek proving ground, Rabu (1/3/2023). / Dok. Istimewa
(Dari kanan ke kiri) Wakil Ketua DPR-RI Korinbang Rachmat Gobel, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Direktur Utama PT IIAPG Hiramsyah S. Thaib, Executive Managing Director JBIC Hashiyama Shigeto, dan Governor JBIC , usai penandatanganan Loan Agreement untuk proyek proving ground, Rabu (1/3/2023). / Dok. Istimewa

Selain itu, proyek proving ground tersebut juga melibatkan konsultan IDIADA Automotive Technology SA., perusahaan global asal Spanyol yang berpengalaman lebih dari 30 tahun dan telah membangun lebih dari 100 fasilitas pengujian kendaraan yang tersebar di 22 negara dari 3 benua seperti AS, Jerman, Brasil, Spanyol, Korea Selatan, dan Taiwan.

Sesuai dengan kontrak, kerja sama IIAPG dengan Kemenhub akan berlangsung selama 17 tahun, termasuk masa konstruksi yang diperkirakan memakan waktu 2 tahun. Biaya investasi dan pemeliharaan sepenuhnya ditanggung oleh IIAPG, sedangkan operasional fasilitas proving ground akan berada di bawah kendali Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB), yang merupakan Unit Pelaksana Teknis di bawah Ditjen Perhubungan Darat. 

Pengembalian dana investasi menggunakan skema Pembayaran Ketersediaan Layanan (Availability Payment/AP)  dan mendapat jaminan dari PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero).

Sementara itu, Direktur Utama IIAPG Hiramsyah Sambudhy Thaib menambahkan, pembangunan proving ground merupakan proyek bergengsi karena menyangkut fasilitas strategis pengembangan industri otomotif nasional yang modern dan terkait dengan teknologi terkini untuk uji bidang keamanan dan kenyaman bagi kendaraan, serta dampak lingkungan hidup.

Ruang lingkup proyek meliputi desain proving ground, pembangunan fasilitas dan penyediaan peralatan beserta sistem informasi, pemeliharaan infrastruktur dan peralatan pengujian, serta pelaksanaan pelatihan berkala. 

Dia mengatakan infrastruktur ini akan dilengkapi berbagai fasilitas modern untuk berbagai jenis uji tipe bagi kendaraan bermotor, seperti uji breaking system, speedometer, noise emission, rear view mirror, steering equipment, exhaust emission. 

Proving ground akan dilengkapi berbagai fasilitas seperti general road berfungsi untuk pengujian jalan pada umumnya, high speed track untuk pengujian kecepatan, kenyamanan kendaraan, pengendalian kendaraan, percepatan dan pengereman, pemakaian bahan bakar external noise, lintasan kering untuk pengujian kestabilan dan rem, lintasan tanjakan, lintasan kenyamanan dan lintasan off road untuk pengujian kestablian dan suspensi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper