Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Berikut 7 Hal Penting Biar Lolos Kartu Prakerja Skema Normal!

Simak 7 hal penting berikut agar lolos tahapan program Kartu Prakerja 2023. 
Tampilan situs resmi Kartu Prakerja www.prakerja.go.id
Tampilan situs resmi Kartu Prakerja www.prakerja.go.id

Bisnis.com, JAKARTA – Program Kartu Prakerja skema normal yang akan mulai pada 2023 telah membuka pendaftaran akun, namun masih menunggu untuk pembukaan Gelombang 48. 

Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari memastikan pembukaan gelombang akan mulai pada kuartal I/2023. 

“Gelombang pertama akan dibuka pada kuartal 1 tahun ini, tepatnya kapan tunggu saja, kami sedang melakukan persipan,” ujarnya dalam unggahan akun resmi @prakerja.go.id, Rabu (15/2/2023). 

Dalam skema normal, setidaknya ada empat perubahan pada Program Kartu Prakerja 2023. Penambahan durasi pelatihan yang semula minimal 6 jam menjadi minimal 15 jam dengan moda pelatihan berlangsung secara daring, luring, dan bauran (secara bertahap). 

Program pada tahun ini boleh diikuti oleh penerima bantuan dari kementerian/lembaga lainnya seperti Bantuan Sosial, Bantuan Subsidi Upah atau Bantuan Pelaku Usaha Mikro (BPUM). Berbeda dari sebelumnya, di mana Program Kartu Prakerja tak dapat diberikan kepada para penerima bantuan tersebut. 

Selain itu, juga terdapat penyesuaian besaran bantuan peserta senilai Rp4,2 juta per individu dengan perincian bantuan biaya pelatihan sebesar Rp3,5 juta, insentif pascapelatihan Rp600.000, dan insentif survei sebesar Rp100.000 untuk dua kali pengisian survei.

Berikut 7 hal penting yang perlu diperhatikan agar lolos tahapan program Kartu Prakerja. 

1.    Wajib memenuhi syarat  

Syarat utama untuk mendapatkan manfaat dari program Kartu Prakerja adalah Warga Negara Indonesia (WNI) dengan usia 18-64 tahun dan sedang tidak menempat pendidikan formal.

Tidak menyandang status sebagai pejabat negara, pimpinan dan anggota DPRD, Aparatur Sipil Negara (ASN), prajurit TNI, anggota POLRI, Kepada Desa dan perangkat Desa, Direksi Komisaris, Dewan Pengawas pada Badan Usaha Milik Negara (BUMN) atau Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). 

Pada skema 2023, penerima bansos seperti bantuan subsidi upah (BSU) diperkenankan mendaftar. Maksimal hanya 2 NIK yang dapat menerima Kartu Prakerjaa dalam 1 Kartu Keluarga.  

2.    Pendaftaran di situs resmi

Lakukan pendaftaran akun di https://dashboard.prakerja.go.id/daftar dan pastikan menggunakan e-mail dan nomor handphone yang aktif dan lakukan verifikasi e-mail.

3.    Data sebenarnya

Pastikan data yang dimasukkan telah sesuai dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) 

4.    Foto KTP

Upload foto KTP langsung dari kamera HP, pastikan foto KTP jelas dan tidak buram 

5.    Verifikasi

Saat verifikasi foto wajah, lakukan swafoto menggunakan kamera HP. Pastikan wajah (hanya wajah tanpa KTP) terlihat dengan jelas dan dengan pencahayaan yang cukup dan memenuhi 80 persen dari frame foto (close-up). Peserta tidak berswafoto menggunakan aksesoris, seperti topi dan kacamata. Izinkan akses lokasi dengan tap tombol 'allow' saat notifikasi muncul. 

6.    Ikut tes

Dalam proses pendaftaran akun setelah verifikasi, calon peserta wajib mengikuti tes. Bila tidak mengikuti, maka pendaftaran akun belum dianggap selesai.

7.    Pilih Gelombang

Usai mengikuti tes, pendaftar dapat memilih gelombang yang tersedia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper