Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rangkaian Kereta Cepat Kembali Tiba di Indonesia, Sisa 5 Rangkaian

Kloter kedua rangkaian kereta cepat telah tiba dari China di Depo Tegalluar. Sebanyak 5 rangkaian tersisa akan datang secara bertahap hingga akhir April 2023.
Rangkaian Electric Multiple Unit (EMU) atau kereta untuk proyek Kereta Cepat Jakarta – Bandung (KCJB) mulai dikirim dari China ke Indonesia pada Jumat (5/8/2022) - Dok. KCIC
Rangkaian Electric Multiple Unit (EMU) atau kereta untuk proyek Kereta Cepat Jakarta – Bandung (KCJB) mulai dikirim dari China ke Indonesia pada Jumat (5/8/2022) - Dok. KCIC

Bisnis.com, JAKARTA – Sebanyak 4 rangkaian Electric Multiple Unit (EMU) Kereta Api Cepat Jakarta Bandung (KCJB) kloter kedua telah tiba di Depo Tegalluar setelah proses pengiriman dari China yang dimulai sejak 13 Januari 2023 lalu. Sebanyak 5 rangkaian tersisa akan datang secara bertahap di Indonesia hingga akhir April 2023.

General Manager Corporate Secretary KCIC Rahadian Ratry menjelaskan, sebanyak 4 rangkaian EMU atau 32 kereta KCJB telah tiba dengandi Depo Tegalluar. Dia mengatakan tidak ada kendala yang berarti selama proses pengiriman rangkaian EMU dari lokasi penyimpanan di wilayah Cakung.

Dia menjelaskan sebelum kereta dikirimkan, KCIC selalu melakukan pre-trip inspection untuk memastikan keamanan dan keselamatan selama perjalanan menuju Depo Tegalluar. 

“Untuk memastikan keamanan proses pengiriman, KCIC juga terus berkordinasi dengan seluruh stakeholder terkait seperti Korlantas Polri, Jasa Marga, BPJT Kementerian PUPR, serta para kontraktor dan konsultan proyek Kereta Api Cepat Jakarta Bandung,” ujar Rahadian dalam keterangan resmi perusahaan, Jumat (10/2/2023).

Dalam pengirimannya, setiap rangkaian EMU dilepas satu persatu untuk dikirim secara satuan menggunakan truk berkapasitas angkut 279 ton. Dalam rangka menjaga keamanan para pengguna jalan tol lainnya, pengiriman juga hanya dilakukan di hari Senin - Kamis pada pukul 21.00 hingga 05.00.

Jumlah pengiriman setiap harinya juga dibatasi hanya sebanyak 2 unit kereta dalam setiap perjalanan. Rahadian mengatakan setiap perjalanan pengiriman EMU membutuhkan total waktu 2 hari untuk memastikan keamanan dan keselamatan petugas maupun seluruh pengguna jalan tol.

KCIC juga memastikan Depo Tegalluar dalam kondisi yang steril dari berbagai alat berat agar rangkaian EMU dapat langsung ditempatkan pada track. Setelah satu persatu kereta EMU tiba, petugas langsung merangkai EMU tersebut kembali untuk nantinya dilakukan uji statis dan dinamis.

Rahadian mengatakan, kedatangan 4 rangkaian EMU ini menambah daftar EMU KCJB yang telah tiba di Indonesia menjadi 6 rangkaian dari 11 rangkaian yang direncanakan untuk operasional KCJB. 

“Pengiriman 5 rangkaian EMU ke Indonesia akan terus dilakukan secara bertahap hingga akhir April 2023,” tambahnya.

DIa menambahkan pengiriman EMU kloter 2 menuju Depo Tegalluar menjadi salah satu bagian dari persiapan jelang operasional KCJB. Pihak KCIC mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu kelancaran proses pengiriman rangkaian EMU KCJB dari awal hingga akhirnya tiba di Depo Tegalluar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper