Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Profil Tol Demak-Tuban, Proyek Senilai Rp55,7 Triliun Siap Dilelang Tahun Ini

Jalan Tol Demak-Tuban akan segera dilelang oleh Kementerian PUPR pada tahun ini. Berikut profil Tol Demak-Tuban.
Jalan Tol Demak. /Kementerian BUMN
Jalan Tol Demak. /Kementerian BUMN

Bisnis.com, JAKARTA - Jalan Tol Demak-Tuban akan segera dilelang oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pada tahun ini. Biaya investasi yang dibutuhkan untuk proyek tersebut mencapai Rp55,7 triliun.

Berdasarkan data Kementerian PUPR, jalan tol Demak-Tuban akan memiliki 2 akses pintu keluar. Proyek dengan skema kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU) merupakan jalan tol yang penyiapan dan transaksinya akan dibiayai melalui pinjaman ESP-ADB. 

Jalan Tol Demak-Tuban telah tercantum dalam Rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi Jawa Tengah. Jalan tol ini terhubung dengan Jalan Tol Semarang-Demak yang mendukung rute jalan tol Trans Jawa.

Pembangunan jalan tol ini direncanakan sepanjang 176,99 km. Nantinya, Jalan Tol Demak-Tuban akan memiliki 2 junction dan 3 interchange. 

Dilansir dari laman resmi Provinsi Jawa Tengah, Bupati Kudus, Hartopo, meminta adanya pintu exit tol, yang ditempatkan di dua lokasi, yakni lingkar selatan dan lingkar timur.

“Permintaan saya untuk exit tol ada dua, di perkotaan yang ada di wilayah selatan atau sekitar jalan lingkar selatan, sama di lingkar timur. Tujuannya, untuk mengurai kemacetan yang ada di kota,” ujar Hartopo.

Selain itu, Hartopo mengusulkan adanya rest area yang dibangun di Kecamatan Mejobo, tepatnya Desa Temulus seluas lima hektare, agar dapat dibuatkan jalan khusus untuk akses sepeda motor, sehingga dapat dijangkau tanpa harus melewati ruas tol.

"Baru mengusulkan, untuk akses ke rest area tak harus pakai mobil. Bisa dibuatkan jalan khusus motor, supaya dapat dijangkau. Harapannya, di sana bisa jadi ikon yang bertaraf nasional. Selain itu, bisa untuk ajang berkumpul berbagai komunitas, yang nantinya akan berdampak terjadinya perputaran ekonomi, sehingga dapat mengangkat potensi UMKM lokal,” jelasnya.

Direktur Pelaksanaan Pembiayaan Infrastruktur Jalan dan Jembatan Kementerian PUPR, Reni Ahiantini, yang hadir secara virtual mengatakan, pihaknya akan turun langsung ke lokasi untuk melakukan survei lapangan terhadap Amdal, atas proyek pembangunan ruas tol Demak – Tuban.

“Persiapan pembangunan ini akan kami survei langsung terhadap Amdal yang berdampak di masyarakat. Jalan tol ini melintas dua provinsi, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Di Kudus, melewati empat kecamatan dan 13 desa,” ungkapnya.

Berikut ini profil Tol Demak-Tuban:

1. Kategori proyek: Solicited

2. Status proyek: Final Business Case

3. Lokasi: Jawa Tengah-Jawa Timur

4. Masa Konsesi: 50 Tahun

5. Biaya Investasi: Rp55,7 triliun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Ridwan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper