Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Sah! Rukun Raharja (RAJA) Emiten Suami Puan Ikut Kelola Blok Migas di Jambi

PT Rukun Raharja Tbk. (RAJA), melalui PT Raharja Energi Sentosa, bersama PT Cipta Niaga Gemilang resmi mengelola blok migas, Jabung Tengah.
Nyoman Ary Wahyudi
Nyoman Ary Wahyudi - Bisnis.com 25 Januari 2023  |  12:36 WIB
Sah! Rukun Raharja (RAJA) Emiten Suami Puan Ikut Kelola Blok Migas di Jambi
Penandatanganan kontrak bagi hasil untuk WK West Kampar dan Jabung Tengah antara Satuan Kerja Khusus Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) dengan Kontraktor Kontrak Kerja Sama yang disaksikan oleh Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Tutuka Ariadji di Jakarta, Rabu (25/1/2023) - YouTube Ditjen Migas
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Rukun Raharja Tbk. (RAJA), melalui PT Raharja Energi Sentosa, bersama PT Cipta Niaga Gemilang resmi menandatangani kontrak bagi hasil wilayah kerja minyak dan gas bumi (migas) Jabung Tengah.

Penandatanganan kontrak ini memberikan hak bagi konsorsium Cipta Niaga Gemilang dan Rukun Raharja untuk mengelola minyak dan gas di blok migas yang terletak di wilayah administrasi Provinsi Riau, Jambi, dan Kepulauan Riau.

Dalam mengelola Blok Jabung Tengah, Cipta Niaga Gemilang ditunjuk sebagai operator dengan hak partisipasi 70 persen, sementara Raharja Energi Sentosa menggenggam hak partisipasi 30 persen.

"Sebelum tanda tangan kontrak hari ini, kontraktor telah menyelesaikan seluruh kewajiban administrasi dan kewajiban finansial, yaitu pembayaran bonus tanda tangan dan menyerahkan jaminan pelaksanaan sesuai ketentuan peraturan yang berlaku," ujar Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Tutuka Ariadji dalam sambutannya di acara Penandatanganan Kontrak Kerja Sama WK West Kampar dan Jabung Tengah, Rabu (25/1/2023).

Jumlah total investasi komitmen pasti 3 tahun pertama masa eksplorasi dari WK Jabung Tengah ini sebesar US$16,55 juta dengan bonus tanda tangan sebesar US$150.000. Komitmen pasti tersebut meliputi kegiatan 3 studi G&G, akuisisi seismik dan processing 500 km 2D, dan 2 sumur eksplorasi.

Tutuka menuturkan, kontrak bagi hasil Blok Jabung Tengah tersebut merupakan kontrak dengan skema cost recovery, dengan split bagi hasil 70:30 untuk minyak dan 60:40 untuk gas. Jangka waktu kontraknya selama 30 tahun.

Adapun, blok migas ini memiliki luas wilayah 8.728,34 km2 dan potensi sumber daya minyak dan gas sebesar 200 juta setara barel minyak (MMboe).

"Kami sangat berharap melalui kegiatan di wilayah kerja ini cadangan dan produksi migas dapat meningkat secara berkelanjutan, serta mendukung target produksi yang telah dicanangkan," kata Tutuka.

Pada akhir Desember 2022 lalu, konsorsium Cipta Niaga Gemilang dan Rukun Raharja ditetapkan sebagai pemenang lelang Blok Jabung Tengah.

Penetapan tersebut merupakan hasil lelang wilayah kerja migas konvensional tahun 2022 dengan mekanisme penawaran langsung.

Adapun, Rukun Raharja merupakan perusahaan penyedia energi terintegrasi dari hulu ke hilir yang bergerak di bidang infrastruktur gas, perdagangan gas, pembangkit listrik, dan bisnis hulu energi. 

Perusahaan tersebut dikendalikan oleh pengusaha Hapsoro Sukmonohadi alias Happy Hapsoro, suami Ketua DPR Puan Maharani. Ia tercatat menggenggam kepemilikan atas nama pribadi sebesar 28,52 persen saham RAJA per 30 September 2022.

Berdasarkan catatan Bisnis, ia juga terkoneksi dengan kepemilikan tidak langsung RAJA oleh PT Sentosa Bersama Mitra (32,13 persen) dan PT Basis Utama Prima alias Basis Investment (12,22 persen).

Blok Jabung Tengah tersebut masuk dalam daftar proyek dan investasi strategis perseroan pada 2022. Sebelumnya, RAJA mengalokasikan US$1 juta biaya joint study dan lainnya untuk Blok Jabung Tengah.

Sementara itu, PT Cipta Niaga Gemilang merupakan perusahaan berfokus pada industri compressed natural gas (CNG) yang melayani kebutuhan pasar industri, kendaraan (NGV), dan rumah tangga (gas kota).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

blok jabung blok migas rukun raharja
Editor : Denis Riantiza Meilanova
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top