Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

LRT Jabodebek Uji Coba di 3 Lintas, Siap Beroperasi Juli 2023

Secara keseluruhan progres penyelesaian proyek LRT Jabodebek sudah mencapai 88,4 persen yang telah dilakukan uji coba di 3 lintas pelayanan.
LRT Jabodebek./  Dok. Istimewa
LRT Jabodebek./ Dok. Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Pihak operator Light Rail Transit (LRT) Jabodetabek optimistis dapat memulai operasi moda transportasi ini sesuai target pada Juli 2023.

Kepala Divisi LRT Jabodebek KAI Mochamad Purnomosidi mengatakan secara keseluruhan progres penyelesaian proyek LRT Jabodebek sudah mencapai 88,4 persen. Saat ini pihaknya masih melakukan pengujian pada 3 lintas pelayanan yang ada serta operasi pada Depo LRT.

“Sekarang kami menguji sistem operasi yang menggantikan peran atau fungsi seorang masinis,” katanya saat ditemui di Depo LRT Jabodebek, Selasa (17/1/2023).

Purnomo menuturkan pengujian pada lintas pelayanan 1, yaitu Cawang – Cibubur, telah rampung. Saat ini pihaknya tengah melakukan uji coba secara paralel yakni pada lintas pelayanan 2 (Cawang – Dukuh Atas), lintas pelayanan 3 (Cawang – Bekasi Timur), serta Depo LRT.

Dengan beragam pengujian tersebut, Purnomo optimistis LRT Jabodebek dapat beroperasi sesuai dengan target, yakni pada Juli 2023. Hal ini juga sesuai dengan pesan dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang telah mencoba moda transportasi ini beberapa waktu lalu.

“Beliau (Jokowi) berharap agar ini lebih dipercepat lagi penyelesaiannya, tidak boleh molor dan tidak boleh mundur lagi. Maksimal sesuai target kita yaitu Juli 2023,” tambahnya.

Manajer Humas LRT Jabodebek Kuswardoyo mengatakan telah mematok target awal penumpang sebanyak 137.000 orang per hari. Setelahnya, pihak LRT Jabodebek membidik pertumbuhan penumpang sekitar 5 persen per tahunnya.

“Kami targetkan naik sekitar 5 persen per tahunnya. Setelah 2032 kami prediksi angkanya akan stuck karena tidak ada lagi penambahan penumpang,” ujarnya.

Kuswardojo melanjutkan LRT Jabodebek akan memiliki waktu kedatangan (headway) setiap 4 menit di Stasiun Dukuh Atas - Cawang, setiap 8 menit di Stasiun Jati Mulya - Cawang, serta setiap 8 menit di Stasiun Harjamukti–Cawang pada hari kerja

Sementara itu, headway pada akhir pekan adalah setiap 8 menit dan 16 menit. Kuswardojo menuturkan, waktu kedatangan yang lebih lama ini seiring dengan jumlah perjalanan yang tidak sebanyak hari–hari biasa

LRT Jabodebek melintasi 18 stasiun yaitu Stasiun Dukuh Atas, Setiabudi, Rasuna Said, Kuningan, Pancoran, Cikoko, Ciliwung, Cawang, TMII, Kampung Rambutan, Ciracas, Harjamukti, Halim, Jatibening Baru, Cikunir I, Cikunir II, Bekasi Barat, dan Jati Mulya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper