Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tumbuh 75 Persen, AP I Layani Total 2,9 Juta Penumpang Selama Nataru

Pertumbuhan pergerakan penumpang di 15 bandara AP 1 itu tumbuh 75 persen dari capaian periode yang sama tahun sebelumnya, yakni 1,66 juta orang penumpang.
Suasana terminal penumpang Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai di Bali./Reuters
Suasana terminal penumpang Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai di Bali./Reuters

Bisnis.com, JAKARTA- PT Angkasa Pura I (Persero) atau AP I melayani sebanyak 2,9 juta penumpang dan 24.582 pergerakan pesawat selama angkutan libur Natal 2022 dan tahun baru 2023.

Pelayanan terhadap penumpang dan pergerakan pesawat selama libur akhir tahun itu merupakan angka kumulatif dari total 15 bandara yang dikelola AP I, selama Posko Monitoring Angkutan Udara Hari Raya Natal 2022 dan Tahun Baru 2023. Posko itu beroperasi sejak 19 Desember 2022 hingga 3 Januari 2023.

Pertumbuhan pergerakan penumpang di 15 bandara AP 1 itu tumbuh 75 persen dari capaian periode yang sama tahun sebelumnya, yakni 1,66 juta orang penumpang. Sementara itu, jumlah pergerakan pesawat selama libur akhir tahun lalu tumbuh 41 persen dari periode yang sama di tahun sebelumnya, yakni 17.485 pergerakan pesawat.

Sejalan dengan penutupan posko libur akhir tahun, Direktur Utama AP I Faik Fahmi mengatakan bahwa operasional penerbangan dan kebandarudaraan berjalan dengan aman, lancar, dan selamat.

"Angkasa Pura I  juga menerapkan standar layanan prima demi terciptanya kenyamanan para pengguna jasa bandara di tengah tingginya demand masyarakat untuk bepergian dan berwisata dengan menggunakan moda transportasi udara," ujarnya, dikutip dari siaran pers, Rabu (4/1/2023).

Faik berterima kasih kepada seluruh stakeholders dan instansi yang terlibat dalam menyelenggarakan posko libur Natal dan tahun baru.

Secara rinci, dia mencatat bahwa Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali merupakan bandara yang melayani trafik tertinggi selama periode libur akhir tahun. Jumlah pergerakan penumpang yang dilayani yaitu 908.977 pergerakan orang, dan 6.079 pergerakan pesawat.

Setelah itu, bandara AP I dengan trafik tertinggi selama periode libur diikuti oleh Bandara Juanda Surabaya dengan 561.535 pergerakan penumpang dan 4.018 pergerakan pesawat, dan dilanjutkan dengan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar dengan 449.035 pergerakan penumpang dan 3.642 pergerakan pesawat yang dilayani.

AP I juga mencatat puncak arus mudik libur Natal 2022 terjadi pada H-2 atau 23 Desember 2022, dengan total 207.109 pergerakan penumpang dilayani. Sementara itu, puncak arus balik jatuh pada H+1 atau 26 Desember 2022, dengan 177.247 pergerakan penumpang.

Pada saat libur tahun baru, puncak arus mudik yang terjadi di 15 bandara AP I terjadi pada H-2 atau 30 Desember 2022 dengan trafik mencapai 176.625 pergerakan penumpang. Kemudian, puncak arus balik libur tahun baru 2023 terjadi pada H+1 atau 2 Januari 2023, dengan 183.347 pergerakan penumpang dilayani.

Faik juga mencatat bahwa permintaan terhadap angkutan udara yang tinggi diimbangi juga dengan pelayanan yang esktra. Selama periode libur akhir tahun, AP I melayani penerbangan tambahan atau extra flight sebanyak 1.079 penerbangan.  

Penerbangan tambahan yang dilakukan itu merealisasikan sebesar 75 persen dari 1.448 rencana extra flight. Bandara I Gusti Ngurah merupakan bandara dengan realisasi extra flight terbanyak (586 flight), diikuti oleh Bandara Juanda Surabaya (102 flight), dan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar (94 flight).

Kendati demikian, Faik tak menampik bahwa sempat ada langkah mitigasi yang dilakukan akibat cuaca buruk dan curah hujan tinggi selama periode libur akhir tahun.

Antisipasi yang dilakukan, urainya, meliputi kesiapan infrastruktur bandara yang berkaitan langsung dengan operasional pesawat dan keselamatan penerbangan seperti kesiapan runway, taxiway, apron, serta sejumlah peralatan pendukung seperti lampu landasan dan marka landasan.

"Walaupun sempat ada beberapa penerbangan yang terdampak cuaca, akan tetapi secara umum operasional penerbangan dan pelayanan penumpang di tengah cuaca dengan curah hujan tinggi dapat berjalan dengan lancar dan selamat," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dany Saputra
Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper