Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jasa Marga Terapkan Contra Flow di Tol Jagorawi Arah Jakarta

Contra flow diharapkan bisa mengantisipasi kepadatan akibat peningkatan volume lalu lintas pada sore ini, Minggu (25/12/2022), di Tol Jagorawi arah Jakarta.
Kondisi di Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama menjelang puncak arus mudik Natal 2022 - Dok. Jasa Marga.
Kondisi di Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama menjelang puncak arus mudik Natal 2022 - Dok. Jasa Marga.

Bisnis.com, JAKARTA - PT Jasa Marga (Persero) Tbk. (JSMR) memberlakukan rekayasa lalu lintas contra flow pada ruas Jalan Tol Jagorawi, dari KM 17+200 sampai dengan KM 08+800 arah Jakarta.

Pgs General Manager Representatif Office 1 Jasamarga Metropolitan Tollroad Regional Division Ginanjar Bekti Rakhmanto mengatakan, pemberlakukan contra flow berdasarkan diskresi dari kepolisian.

Rekayasa lalu lintas tersebut diharapkan bisa mengantisipasi kepadatan akibat peningkatan volume lalu lintas yang terjadi sore ini, Minggu (25/12/2022), di Jalan Tol Jagorawi arah Jakarta.

"Atas diskresi pihak Kepolisian, Jasamarga Metropolitan Tollroad (JMT) memberlakukan contra flow dari KM 17+200 hingga KM 08+800 Jalan Tol Jagorawi arah Jakarta. Contra flow ini mulai diberlakukan sejak pukul 17.05 WIB," ujarnya, dikutip dari siaran pers, Minggu (25/12/2022).

Pemberlakuan contra flow di Jalan Tol Jagorawi itu diharapkan dapat mengurai sejumlah titik-titik kepadatan yang saat ini terpantau tengah terjadi di lokasi tersebut.

Jasa Marga pun mengimbau pengguna jalan agar mengantisipasi perjalanan, memastikan kendaraan dalam keadaan prima, saldo uang elektronik cukup, mengisi bahan bakar sebelum memulai perjalanan, serta membawa bekal untuk menghindari kerumunan atau kepadatan di Rest Area.

Berdasarkan data sebelumnnya, jumlah pergerakan kendaraan yang dipantau oleh Jasa Marga, yakni sebanyak 1,07 juta kendaraan meninggalkan wilayah Jabotabek secara kumulatif dari H-7 sampai dengan H-1 Natal 2022.

Jumlah itu meningkat 0,77 persen dibandingkan dengan tahun lalu, yakni 1,06 juta kendaraan dan meningkat 30,12 persen jika dibandingkan dengan lalu lintas normal pada Juni 2022 dengan total 828.432 kendaraan.

Kendati adanya potensi kepadatan, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprediksi puncak mudik Natal 2022 sudah berlalu pada 23-24 Desember 2022, atau H-2 dan H-1 Natal. Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati mengatakan, rekayasa lalu lintas akan diterapkan secara situasional menurut kondisi di jalan.

"Bersama Korlantas Polri dan operator jalan tol akan dilakukan rekayasa lalin secara situasional khususnya di ruas-ruas tol yang potensial pada kendaraan khususnya di jalur utara. Seperti halnya pada puncak mudik Natal, sudah diberlakukan contra flow untuk mengurai kepadatan," jelasnya, Minggu (25/12/2022). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper