Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mulai Beroperasi, Pipa Minyak Rokan Alirkan 147.000 Barel per Hari

Pipa minyak Rokan sudah mulai beroperasi sejak akhir Desember 2022 dan telah mengalirkan minyak milik PT Pertamina Hulu Rokan (PHR).
Logo Pertamina Gas/Istimewa
Logo Pertamina Gas/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Proyek pipa minyak Rokan yang dikelola oleh Subholding Gas Pertamina, PT Pertamina Gas (Pertagas), kini sudah mulai beroperasi. Pipa ini telah mengalirkan minyak milik PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) dengan rata-rata harian tertinggi sebesar 147.000 barrel oil per day (bopd).

Volume penyaluran tersebut direalisasikan melalui 10 segmen dari total 13 segmen pipa minyak Rokan. Subholding Gas dan Subholding Hulu Pertamina tengah berkoordinasi intensif untuk dapat mengoperasikan seluruh segmen sebelum memasuki 2023. 

Manager Communication, Relations & CSR Pertagas Elok Riani Ariza menjelaskan, pipa baru ini ditujukan untuk menggantikan pipa lama, sejalan dengan program optimalisasi infrastruktur Blok Rokan. 

"Sinergi antarsubholding ini untuk mendukung optimalisasi produksi dan pengaliran minyak di Blok Rokan," ujar Elok melalui keterangan tertulis, Jumat (23/12/2022). 

Lebih lanjut, dia menuturkan bahwa pengaliran pipa minyak dilakukan secara bertahap sepanjang tahun 2022 demi memastikan kelancaran operasi pipa, yang ditandai dengan momentum first oil in atau penarikan minyak perdana dari PHR pada 3 Februari 2022.

“Kami lakukan secara bertahap agar transisi dari pipa lama ke pipa baru berjalan dengan aman dan efektif,” jelas Elok.

Elok menyebutkan, infrastruktur pipa yang dibangun pada masa pandemi ini telah menyelesaikan konstruksinya 100 persen sejak akhir 2021. Dalam melaksanakan seluruh rangkaian proyek penggantian pipa minyak Rokan, Pertagas selalu mengedepankan aspek keselamatan kesehatan kerja dan kepedulian lingkungan atau HSSE.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper