Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

TransNusa Pakai Pesawat ARJ-21 Buatan China Mulai 2023

TransNusa bakal memakai pesawat COMAC ARJ21-700 buatan China mulai Maret 2023.
PT Transnusa Aviation Mandiri bakal pakai pesawat COMAC ARJ21-700 buatan China. / Dok. TransNusa
PT Transnusa Aviation Mandiri bakal pakai pesawat COMAC ARJ21-700 buatan China. / Dok. TransNusa

Bisnis.com, JAKARTA - PT Transnusa Aviation Mandiri atau yang dikenal dengan TransNusa menambah kepemilikan pesawat regional jet baru dengan tipe COMAC ARJ21-700 buatan China yang memiliki registrasi PK-TJA.

Direktur Utama TransNusa Bayu Sutanto mengatakan pesawat tersebut telah menjalani ferry flight dari bandara International Shanghai Pudong, China selama 6 jam dengan berhenti untuk refueling di Bandara Ho Chi Minch City, Vietnam. Pesawat Commercial Aircraft Corporation of China, Ltd (COMAC) tersebut akan mulai dioperasikan secara komersial pada Maret 2023.

"Pesawat udara regional pesawat ini nantinya akan dioperasikan oleh Transnusa untuk rute penerbangan domestik maupun regional Kawasan Asean seperti ke Kuala Lumpur, Johor Baru, Kota Kinabalu dan Singapura," ujarnya kepada Bisnis.com, Rabu (21/12/2022).

Kedatangan pesawat buatan China ini, menambah koleksi jenis pesawat yang dioperasikan oleh TransNusa. Sebelumnya, pada 6 Oktober 2022, TransNusa telah mengoperasikan layanan perdananya di segmen bertarif hemat (Low Cost Carrier/LCC) dengan mengoperasikan A320 Neo.

Selanjutnya, Bayu menyampaikan TransNusa akan kedatangan pesawat udara A320 yang keempat setelah sebelumnya teleh mengoperasikan 3 A320 serta 1 lagi ARJ21-700 pada awal tahun depan. Dengan demikian, dia menargetkan hingga tahun depan, perseroan bisa mengoperasikan sebanyak 5 pesawat untuk melayani rute domestik dan internasional.

"Jumlah pesawat hingga 2023, kami akan menambah sebanyak 3 A320 dan 2 ARJ21. Saat ini, kami sudah mengoperasikan sebanyak 3 A320 dan pada 22 Desember 2022, akan masuk lagi sebanyak 1 A320," imbuhnya.

Dengan kombinasi kedua tipe pesawat yang dioperasikan yaitu Airbus A320 dan Comac ARJ2, TransNusa akan mengembangkan rute-rute penerbangan domestik maupun internasional. Rute-rute tersebut meliputi baik Kawasan Asean maupun ke kota-kota di China dan Australia. Hal ini juga menjadi bagian dari strategi Transnusa untuk memulihkan industri penerbangan dan sekaligus pariwisata baik untuk turis domestik maupun internasional pasca pandemic Covid-19.

Transnusa mendapatkan pesawat udara ARJ21-700 buatan COMAC (Commercial Aircraft Manufacturing) yang berbasis di Shanghai dari perusahaan penyewaan pesawat udara CALC (China Aircraft Leasing Corporation) yang berbasis di Hongkong. Pesawat udara ini merupakan pesawat udara regional jet dengan kapasitas duduk 95 kursi serta mampu terbang selama 3,5 jam.

Sementara itu, dalam menyambut periode natal 2022 dan tahun baru 2023 atau Nataru, TransNusa akan memperkuat pelayanan dengan menambah jumlah pesawat serta frekuensi penerbangannya secara bertahap.TransNusa kini melayani penerbangan Jakarta-Yogyakarta menjadi tiga kali sehari, pergi-pulang, dan Jakarta-Bali sebanyak tujuh kali sehari, pergi-pulang.

TransNusa menawarkan Big Sale 12.12, yakni Jakarta-Bali mulai Rp 729.000 untuk sekali jalan dan Jakarta-Yogyakarta mulai dari Rp 509.000 sekali jalan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper