Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perdana, Segmen Pasar Maskapai LCC Kini Diramaikan oleh TransNusa

Sebelumnya, TransNusa tidak menyasar segmen LCC dan memilih melayani penerbangan di wilayah timur.
Ilustrasi - Pesawat ATR milik TransNusa/Bisnis-Istimewa
Ilustrasi - Pesawat ATR milik TransNusa/Bisnis-Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA- PT TransNusa Aviation Mandiri mengoperasikan layanan perdananya sebagai maskapai di segmen bertarif hemat (Low Cost Carrier/ LCC) di dua rute.

Sebelumnya, TransNusa tidak menyasar segmen LCC dan memilih melayani penerbangan di wilayah timur. Setelah menyetop operasinya selama pandemi, kini  Trans Nusa mengubah total segmen layanannya yang menyasar pasar LCC.

Direktur Utama TransNusa Bayu Sutanto mengatakan menjelaskan rute perdana yang dibuka pasca mengubah segmen bisnisnya adalah ke Yogyakarta dan Denpasar. Menurutnya, Yogyakarta dan Denpasar merupakan 2 dari banyak rute domestik Indonesia yang memiliki tingkat permintaan tertinggi.

Dengan demikian, lanjut Bayu, kedua rute penerbangan tersebut bisa digunakan untuk melayani kebutuhan transportasi udara, baik untuk keperluan bisnis maupun liburan. Dia juga berharap dengan dibukanya konektivitas tersebut bisa sekaligus mendukung perhelatan G20 pada November 2022 nanti.

Untuk periode spesial ini, TransNusa juga memberikan penawaran diskon spesial hingga 25 persen untuk periode pesan sekarang sampai 16 Oktober 2022 dengan periode terbang langsung hingga 30 November 2022 mendatang.

“Semua rute baru yang TransNusa operasikan hari ini hadir dengan harga penawaran spesial mulai dari Rp500.000 untuk rute Jakarta - Yogyakarta dan Rp800.000 untuk rute Jakarta – Bali,” ujarnya melalui keterangan resmi, Kamis (6/10/2022).

Tak hanay itu, pihaknya juga menyediakan 3 opsi jenis tiket bundling, beragam menu makanan pra-pesan (pre-booked meals) dan memfasilitasi gratis 20 kg bagasi untuk seluruh penerbangan domestik.

TransNusa melakukan lepas landas pertamanya bersama penerbangan 8B 5532 pada pukul 08.20 pagi dari Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta (CGK) dan mendarat di Bandar Udara Internasional Yogyakarta (YIA) pada pukul 09.25 pagi waktu setempat. TransNusa melayani penerbangan Jakarta (CGK) menuju Yogyakarta (YIA) sebanyak 2 kali sehari pergi pulang dan Jakarta (CGK) menuju Bali (DPS) sebanyak 5 kali sehari pergi pulang.

Adapun dalam penerbangan perdana rute domestik terbaru TransNusa (kode penerbangan 8B) dilayani menggunakan armada AIRBUS A320neo berkapasitas 168 kursi. Jumlah kursi ini dianggap ideal karena memungkinkan maskapai menawarkan kursi penerbangan dengan ruang kaki yang lebih luas dibandingkan dengan maskapai LCC pada umumnya.

Dalam tahapannya bertransformasi, perusahaan memilih A320neo menjadi armada yang digunakan juga karena pertimbangan kenyamanan yang lebih ramah lingkungan. Kemampuan mesin A320neo dikenal memiliki mesin yang lebih irit bahan bakar sebanyak 20 persen dan lebih sedikit mengeluarkan produksi emisi (CO2). Mesin dalam armada ini juga dirancang bisa mengurangi suara bising hingga 75 persen sehingga kabin jadi lebih senyap.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper