Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Erick Thohir Lepas Bina Karya Jadi Milik Otorita IKN, Ini Tugasnya

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, seluruh proses pengalihan Bina Karya ke Otorita IKN sudah rampung.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 08 Desember 2022  |  14:32 WIB
Erick Thohir Lepas Bina Karya Jadi Milik Otorita IKN, Ini Tugasnya
Menteri BUMN Erick Thohir memberikan sambutan saat acara pelepasan tim Jelajah BUMN 2022 di Jakarta, Rabu (14/9/2022). Bisnis - Arief Hermawan P
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) telah melepas PT Bina Karya (Persero) kepada Otorita Ibu Kota Negara (IKN). Perusahaan itu nantinya akan menjadi badan usaha yang akan mengawal seluruh investasi masuk di ibu kota baru.

Sekretaris Otorita IKN Jaka Santos mengatakan, untuk tahap awal Bina Karya bertugas untuk menjalin komunikasi lebih lanjut dengan calon-calon investor yang sudah mengajukan surat minat ke Otorita IKN.

"Dengan demikian proses diskusi, negosiasi secara B to B [business to business] lebih dapat segera dilakukan," ujarnya kepada Bisnis, Kamis (8/12/2022).

Kendati proses pengalihan saham dan aset dari Kementerian BUMN ke Otorita IKN telah rampung, Bina Karya masih belum dapat bergerak terlalu jauh. Pasalnya, Jaka mengungkapkan bahwa Bina Karya masih menunggu regulasi pendukung atas pembentukannya sebagai badan usaha tersebut.

"Selebihnya untuk melakukan yang lebih jauh masih harus menunggu selesainya proses penyesuaian regulasi dan atau anggaran dasarnya, yang diperkirakan awal 2023 bisa terselesaikan," jelasnya.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, seluruh proses pengalihan Bina Karya ke Otorita IKN sudah rampung.

Dia menuturkan bahwa pengalihan Bina Karya ke Otorita IKN salah satunya sekaligus menyelamatkan perusahaan tersebut yang sudah tidak masuk dalam cetak biru BUMN.

Menurutnya, pilihan tersebut lebih baik jika dibandingkan dengan penghapusan BUMN yang tidak lagi sejalan. Erick menyebut, rencana itu sekaligus mendukung Otorita IKN yang menginginkan untuk memiliki badan usaha yang dapat mengelola aset secara transparan.

"Kan asetnya kita sudah lepas semua, kita hanya memberikan PT-nya dan itu dijadiin, tentu cangkang buat kegiatan yang di IKN dan tidak ada hubungan sama BUMN lagi," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

IKN Badan Otorita IKN erick thohir
Editor : Denis Riantiza Meilanova
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top