Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Ada Proyek IKN, Harga Properti di Kaltim Diproyeksi Meningkat

Harga properti di kawasan Kalimantan Timur diproyeksi meningkat seiring pembangunan IKN Nusantara.
Afiffah Rahmah Nurdifa
Afiffah Rahmah Nurdifa - Bisnis.com 06 Desember 2022  |  10:53 WIB
Ada Proyek IKN, Harga Properti di Kaltim Diproyeksi Meningkat
Presiden Joko Widodo atau Jokowi meninjau pembangunan infrastruktur kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur pada Selasa (25/10/2022). - Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Pakar properti memproyeksikan harga jual properti di Kalimantan Timur akan semakin melesat naik seiring dimulainya pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. 

Presiden Direktur Era Indonesia Darmadi Darmawangsa menjelaskan, gebrakan pembangunan akan dimulai dari Pulau Kalimantan begitu pembangunan IKN bergerak. 

“Ketika pembangunan mulai di IKN, maka harga properti akan ikut mengalami kenaikan,” kata Darmadi, Selasa (6/12/2022). 

Menurutnya, perkembangan dan kemajuan properti di wilayah tersebut dapat dilihat dari pembangunan infrastruktur yang masif sehingga dapat menaikkan nilai investasi. 

Apalagi, jauh sebelum wacana pembangunan IKN, Pulau Kalimantan merupakan salah satu pulau penghasil ragam komoditas dan tempatnya pengusaha batu bara.

“Ketika infrastrukturnya bagus, itu semua akan mengalir, bisnis akan mengalir, orang mau tinggal,” ujarnya. 

Tak hanya di IKN Nusantara, Penajam Paser Utara, wilayah sekitarnya pun dapat terimbas pembangunan, seperti di Balikpapan dan Samarinda. Terlebih, jika akses jalan antara ketiga kota tersebut diperbaiki.

“Maka nilai tambah itu akan ada di properti, jadi kalau orang beli properti sekarang, harga itu akan mulai bergerak naik mengikuti perkembangan IKN,” jelas Darmadi.

Adapun, salah satu developer properti yang gencar di kawasan sekitar IKN, yakni Agung Podomoro Group dengan proyeknya The Premiere Hills, Samarinda, Kaltim.

The Premiere Hills merupakan sebuah resort hunian yang berlokasi di atas bukit dengan ketinggian 135 meter di atas permukaan laut (Mdpl). Proyek ini dibangun di atas tanah seluas 14 hektare dengan menawarkan 189 unit rumah.

Marketing Director Agung Podomoro Agung Wirajaya meyakini kota-kota di sekitar IKN akan ikut menuai berkah dari masifnya pembangunan infrastrukur yang kini mulai digencarkan pemerintah.

“Masifnya pembangunan IKN tentu akan sejalan dengan kota-kota penyangganya. Ini menjadi peluang dan sentimen positif bagi pasar properti nasional,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

IKN properti hunian
Editor : Denis Riantiza Meilanova
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top